Kamis 13 Jul 2023 18:26 WIB

Universitas BSI Sukabumi Sukses Gelar Webinar Kiat Sukses Penulisan Artikel Ilmiah

Publikasi jurnal internasional jadi indikator eksistensi perguruan tinggi.

Kampus Digital Kreatif Universitas BSI  (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi menggelar webinar Kiat Sukses Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Internasional. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (26/6/23) lalu.
Foto: Dok Universitas BSI
Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi menggelar webinar Kiat Sukses Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Internasional. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (26/6/23) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Penelitian merupakan hal yang wajib dilakukan oleh dosen di perguruan tinggi, termasuk publikasi pada jurnal internasional bereputasi. Publikasi pada jurnal internasional bereputasi menjadi salah satu indikator eksistensi sebuah perguruan tinggi. 

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dosen dalam mempublikasikan ke jurnal internasional diperlukan kiat-kiat penulisan artikel ilmiah agar partisipasi dosen dalam publikasi jurnal internasional bereputasi dapat meningkat. 

Untuk itu, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI  (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi menggelar webinar Kiat Sukses Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Internasional. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (26/6/23) lalu. 

Hadir sebagai narasumber Didi Rosiyadi, selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas BSI  dan Informatika dan Ani Wijayanti selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI. 

Dalam kegiatan ini, Didi Rosiyadi memberikan pembahasan secara khusus tentang bagaimana tahapan publikasi, serta apa saja yang harus dilakukan dalam penulisan penelitian artikel ilmiah. 

“Dengan mengikuti webinar ini dosen dapat meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan penelitian bertaraf internasional. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya mengerti dan memahami strategi penulisan dan publikasi internasional bereputasi, namun juga mempersiapkan dan mengantarkan dosen menjadi peneliti yang berkualitas dan kompeten,” jelas Didi dalam keterangan tertulis Senin (26/6/23). 

Sementara itu Ani Wijayanti menjelaskan tentang tips dan trik dalam penulisan artikel internasional bereputasi. 

“Dengan mengetahui tips dan trik ini dapat menyiapkan para peserta menjadi seorang yang handal dalam membuat penelitian khususnya di artikel ilmiah bereputasi internasional,” jelasnya. 

Nur Aini,  salah satu peserta menuturkan bahwa dengan mengikuti kegiatan webinar ini, banyak informasi yang diperoleh dalam proses penulisan dan publikasi internasional bereputasi.

“Saya sangat  bersyukur mengikuti webinar ini, banyak hal yang saya ketahui terutama mengenai tips dan trik dalam penulisan dan publikasi bereputasi. Mengingat,  penelitian merupakan salah satu bentuk perwujudan dosen dalam tri dharma perguruan tinggi,” ungkap Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement