Rabu 05 Jul 2023 18:36 WIB

Di Forum Bisnis Indonesia-Papua Nugini, Jokowi Dorong Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Jokowi meyakini kedekatan Indonesia dan PNG akan semakin kokoh.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (3/7/2023) sebelum lepas landas ke Australia.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (3/7/2023) sebelum lepas landas ke Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan forum bisnis pertama antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG) di APEC Haus, Papua Nugini, Rabu (5/7/2023). Dalam pertemuan ini, Jokowi mendorong pembahasan PTA (preferential trade agreement) Indonesia-PNG agar kerja sama ekonomi kedua negara semakin tumbuh dan berkembang.

“PNG dan Indonesia masing-masing adalah raksasa ekonomi. PNG di Pasifik dan Indonesia di Asia Tenggara. Bisa dibayangkan jika kedua potensi ini bergabung tentu akan beri dampak sangat besar, bukan hanya bagi rakyat kedua negara, namun juga kawasan,” ujar Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia akan mendukung Program Connect PNG, salah satunya melalui BUMN konstruksi Indonesia yang telah berpengalaman di beberapa negara. Ia mengatakan, infrastuktur dan konektivitas merupakan syarat utama untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Konektivitas juga terus kita kembangkan dengan pembukaan rute pelayaran PNG Express dan pembukaan penerbangan Denpasar-Port Moresby,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia dan PNG memiliki potensi ekonomi yang cukup besar dengan perbatasan kedua negara yang mencapai lebih dari 800 km. Bahkan, berdasarkan data yang diterima Pos Skouw mencatat perdagangan lebih dari 3 juta dolar AS pada 2019 yang lalu.

“Ini perlu kita maksimalkan. Kita perlu jadikan titik-titik perbatasan sebagai pusat kegiatan ekonomi baru. Ini akan sangat berdampak tidak hanya untuk masyarakat perbatasan, tapi juga ekonomi kedua negara,” kata Jokowi.

Ia pun meyakini, kedekatan Indonesia dan PNG akan semakin kokoh dengan kerja sama ekonomi yang konkret. Dalam pertemuan ini, Jokowi juga menyaksikan penyerahan miniatur pesawat Citilink secara simbolis kepada perwakilan peserta forum bisnis sebagai tanda peluncuran penerbangan perdana Citilink rute Denpasar-Port Moresby.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement