Selasa 23 May 2023 12:52 WIB

Diduga KDRT Terhadap Istri Kedua, Bukhori Yusuf Mundur dari PKS

PKS sebut anggota DPR Bukhori Yusuf mengundurkan diri diduga kasus KDRT istri kedua.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Bukhori Yusuf. PKS sebut anggota DPR Bukhori Yusuf mengundurkan diri diduga kasus KDRT istri kedua.
Foto: Istimewa
Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Bukhori Yusuf. PKS sebut anggota DPR Bukhori Yusuf mengundurkan diri diduga kasus KDRT istri kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Penasihat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Adang Daradjatun mengonfirmasi bahwa Bukhori Yusuf atau BY telah mengundurkan diri dari kepengurusan partai. BY tengah diduga melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istri keduanya, yakni M (30).

"Bahwa apa pun juga bahwa Pak BY ini dalam proses selanjutnya sudah mengundurkan diri kan dari jajaran partai," ujar Adang di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

Bukhori Yusuf juga sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai anggota DPR. Selanjutnya, PKS akan mencari sosok penggantinya untuk proses pergantian antarwaktu (PAW) terhadap anggota Komisi VIII DPR itu.

"Dari kader sudah mengundurkan diri, jadi Pak BY mengundurkan diri lalu nanti akan berproses PAW oleh DPP partai," ujar Adang.

Adang sendiri merupakan Ketua Mahkamah Dewan (MKD) DPR. Awalnya, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Bukhori Yusuf yang diduga melakukan KDRT dan tindak pidana kekerasan seksual.

"Dalam hal ini kita tadinya sudah akan mempersiapkan untuk melakukan pemeriksaan, tapi ternyata Pak BY ini sudah mengundurkan diri dari partai," ujar Adang.

"Dia sudah masyarakat biasa, sudah bukan menjadi anggota partai lagi," sambungnya.

Anggota DPR Fraksi PKS berinisial BY dilaporkan ke kepolisian dan MKD DPR atas dugaan tindak pidana kekerasan seksual terhadap istri keduanya yang berinisial M (30). BY disebut kerap memaksa korban melakukan hubungan seksual tak wajar hingga membuat korban mengalami sakit dan pendarahan.

Kuasa hukum M, Srimiguna, mengatakan bahwa dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terjadi beberapa kali selama kurun waktu 2022. Peristiwa kekerasan terakhir terjadi November 2022.

"Selama berumah tangga kurun waktu 2022, BY kerap melakukan dugaan KDRT, di antaranya dengan menonjok berkali-kali ke tubuh korban dengan tangan kosong, menampar pipi dan bibir, menggigit tangan, mencekik leher, membanting, dan menginjak-injak tubuh korban yang sedang hamil," ujar Srimiguna lewat keterangannya, Senin (22/5/2023).

"Akibat perbuatan itu, korban mengalami pendarahan. Bahkan, BY pernah melakukan KDRT dengan memukul korban menggunakan kursi hingga babak belur. Dan membekap wajah korban dengan bantal hingga korban kesulitan bernapas," ujar Ketua Tim Para Advokat Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang tergabung dalam Tim Penasihat Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) itu.

Setelah melakukan kekerasan, BY sering kali merayu, memohon, dan meminta maaf kepada korban. M pun beberapa kali berupaya untuk melaporkan pelaku kepada polisi, tetapi korban merasa takut karena BY merupakan anggota DPR periode 2019-2024.

"Akhirnya, bulan November 2022, Korban memberanikan diri melaporkan seluruh perbuatan BY kepada polisi, korban kemudian melakukan permohonan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban pada Desember 2022," ujar Srimiguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement