Selasa 23 Mar 2021 21:03 WIB

Gubernur Babel: Investasi SDM Andal untuk Kemaritiman

Pemprov akan berinvestasi mengembangkan modul dan sistem nautika laut

Gubernur Erzaldi Rosman, saat mengunjungi SMKN 4 Pangkalpinang, Selasa (23/3
Foto:

Melepas Fish Shelter

     

Dalam kunjungan ke SMKN 4 itu, Gubernur Babel didampingi Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan Babel M. Soleh, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel Dasminto, Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi dan siswa/i SMKN 4 Pangkalpinang melaunching fish shelter atau karang buatan dan pemasangan rumpon di perairan Laut Bangka dengan menggunakan Kapal Motor Kapal Latih (KM KL) Torani I.

     

Launching Fish Shelter menjadi tanda dimulainya praktek kerja para siswa SMK Negeri 4 yang notabene merupakan sekolah kejuruan kemaritiman atau perikanan dan kelautan. Sebelum bertolak menuju lokasi pelepasan Fish Shelter, rombongan melakukan pemeriksaan GeNose C19 untuk memastikan terhindar dari Covid-19 oleh petugas kesehatan yang telah disiapkan.

     

Di lokasi yang telah ditentukan, gubernur bersama kapolda melepas fish shelter secara bersama-sama dengan para siswa yang dipandu oleh instruktur. Ditemui usai melakukan launching, gubernur mengatakan fish shelter yang dilepas sebagai rumah bagi ikan hingga ikan tersebut besar dan siap dipanen.

     

Kegiatan ini juga sebagai pembelajaran dan praktik kerja bagi siswa tiga jurusan yang ada di SMK Negeri 4 Pangkalpinang. "Praktik kerja kita dimulai dengan pelepasan fish shelter dan pemasangan rumpon. Selain itu, kegiatan memancing, menangkap ikan, dan mengendarai kapal sebagai nakhoda menunjukkan kemampuan penyelenggaraan SMK Perikanan kita semakin tahun semakin meningkat," ungkap orang nomor satu di Babel ini.

     

Usai melakukan launching fish shelter, gubernur bersama rombongan menyempatkan untuk memancing di beberapa spot di lokasi pelepasan. Tak butuh waktu lama setelah melempar kail, strike pun didapat. Menurut gubernur, kegiatan seperti ini bisa menjadi paket wisata yang dapat ditawarkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement