Rabu 10 Feb 2021 15:00 WIB

Warga Periuk Manfaatkan Tandon untuk Budi Daya Ikan

Wali Kota Tangerang mengapresiasi warga dan kecamatan yang kreatif selama pandemi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Republika
Wali kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Warga di RW 22 Perumahan Garden City, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten memanfaatkan tandon sebagai sarana budi daya ikan menggunakan keramba. Langkah itu dilakukan warga guna membantu memenuhi kebutuhan pangan selama masa pandemi Covid-19.

Kreativitas warga dalam masa pandemi Covid-19, mendapat apresiasi dari Camat Periuk Maryono Hasan. Maryono menyatakan, terus mendorong agar warga mampu secara mandiri memenuhi kebutuhan pangan, bahkan membantu warga lainnya yang terdampak virus corona.

Melalui program ketahanan pangan yang digalakkan sejak awal pandemi, sambung dia, Kecamatan Periuk telah memberikan pembinaan kepada warga di setiap RW dalam melakukan urban farming. Kemudian adanya tandon di Periuk sebagai lokasi penampungan air saat musim hujan, juga dioptimalkan juga untuk pembibitan.

Menurut Maryono, dalam jangka panjang hal itu memiliki manfaat lebih luas bagi kesejahteraan masyarakat. "Jadi nantinya hasil yang telah diperoleh bisa dikembangkan lagi oleh warga dan memberikan manfaat lebih kepada yang terdampak Covid-19," ujarnya di Kota Tangerang, Rabu (10/2).

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan aparat Kecamatan Periuk dan warga, yang mau memanfaatkan sarana tersedia untuk peternakan. "Budidaya ini memiliki manfaat lebih bagi warga sekitar. Saat pandemi sebagai sarana budidaya ikan, dan nantinya bisa jadi area wisata keramba jika pandemi telah usai," kata Arief.

Bagi wilayah lain yang lingkungannya tidak memiliki tandon, Arief menyarankan untuk mencoba dengan menggunakan ember besar. Nantinya di ember itulah budi daya ikan bisa dikembangkan. "Manfaatkan sarana yang ada untuk berkreativitas di tengah pandemi," kata Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement