Jumat 01 Dec 2017 16:09 WIB

Massa Reuni 212 Diperkirakan Sama dengan 411 Tahun Lalu

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Habib Novel Bamukmin
Foto: Republika/Mabruroh
Habib Novel Bamukmin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas Reuni Alumni 212, Habib Novel Bamukmim memperkirakan jumlah massa yang akan hadir dalam Reuni Alumni 212 Sabtu (2/12) esok akan mencapai jumlah yang sama dengan aksi 411 tahun lalu. "Insya Allah minimal seperti 411 tahun lalu, lebih dari satu juta maksimal empat juta. Tapi kan kekuasaan Allah bisa kurang atau lebih dari itu," ujar Habib kepada Republika.co.id, Jumat (1/12).

Habib menuturkan, saat ini massa dari luar kota sedang melakukan perjalanan ke Jakarta. Berdasarkan informasi dari daerah, Novel mengatakan, ada yang mengirimkan massa sebanyak 20 hingga 30 bus dari masing- masing daerah. Seperti Sumatra Barat dan Aceh. Kemudian dari daerah- daerah lainnya di Pulau Jawa. "Aceh saja laskar sudah seribu orang. Itu baru FPI Aceh," ungkapnya.

Massa dari Bogor, Novel mengatakan telah melakukan longmarch sejak tadi pagi dan diperkirakan sampai di Monas malam nanti. Menurut Habib, seluruh massa akan langsung menuju Monas. Apabila kuota Monas tidak mencukupi, maka peserta bisa ke Istiqlal untuk sekadar beristirahat dan shalat. "Kalau memang sudah tidak menampung. Karena seperti tahun kemarin kan semua penuh, Istiqlal, Monas, Tugu Tani penuh, gedung-gedung penuh," jelasnya.

Ia meyakini bahwa aksi besok akan berlangsung tertib dan seluruh kegiatan dakwah berjalan dengan lancar. Reuni Alumni Aksi 212 akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (2/12), memperingati aksi yang dilakukan umat Islam setahun yang lalu. Dalam acara ini, massa Forum Umat Islam (FUI) akan melakukan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan berbagai kegiatan doa bersama.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement