Kamis 09 Nov 2017 07:37 WIB

Sketsa 3D Mural Meriahkan Festival Way Kambas

Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).
Foto: Republika / Darmawan
Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- Acara Sketsa 3D Mural atau melukis di atas dinding atau tembok, satu dari sekian banyak rangkaian acara Festifal Way Kambas yang akan digelar 11-13 November di Pusat Konservasi Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Lampung diikuti 30 kelompok pelukis mural.

"Peserta yang sudah mendaftar 30 kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga dan lima orang pelukis mural," kata Ardi Subarkah, Ketua Panitia Acara Sketsa Mural Festifal Way Kambas di Lampung Timur, Rabu (8/11).

Menurut Ardi Subarkah yang menjabat Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemkab Lampung Timur ini, 30 kelompok pelukis mural itu terdiri dari unsur pelajar SMA/SMK, masyarakat umum, komunitas warga dan para seniman serta pesertanya berasal tidak hanya dari Kabupaten Lampung Timur namun dari luar Provinsi Lampung seperti dari Kota Tangerang.

Dia mengungkapkan acara sketsa mural Way Kambas akan dilangsungkan pada hari kedua Festival Way Kambas atau Minggu (12/11). Tema gambar adalah bebas sesuai imajinasi peserta. Peserta diberi ruang 2X3 meter di atas tembok untuk menggambar.

"Kami tidak wajibkan temanya seperti menggambar gajah Way Kambas, tahun ini kami bebaskan sesuai imajinasi dan kreativitas peserta karena kita ingin peserta menyalurkan semua kreativitasnya, asal tidak mengandung unsur SARA dan pornografi," ujar Ardi Subarkah lagi.

Kriteria penilaian, menurut dia, panitia menilai dari originalitas karya, teknik warna dan estetika mural. Bagi pemenang juara 1,2 dan 3 akan mendapatkan penghargaan berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar Festival Way Kambas selama tiga hari, 11-13 November 2017. Sebelumnya tahun 2016, Pemkab Lampung Timur telah sukses menggelar Festival Way Kambas.

Erdy Yuliandi Kasubag Humas Pemkab Lampung Timur merincikan rangkaian acara yang disiapkan pada festival tahunan Pemkab Lampung Timur itu adalah Sabtu (11/11) hari pertama pelaksanaan Festival Way Kambas adalah Jejak Petualang Way Kambas, Agro Expo Forest Photography, Pawai Budaya, Jalan-jalan 4 x 4, Fashion Show dan terakhir opening ceremony atau pembukaan acara yang rencananya dihadiri sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi.

Hari kedua, Minggu (12/11) rangkaian acaranya adalah Way Kambas 10K, Way Kambas Adventure Trail, Lomba Kreasi Suvenir, Fun Bike dan xc/MTB, Sketsa mural Way Kambas dan Moccaf Colour Fun.

"Pada hari terakhir Senin (13/11) Parade Motor Antik, Tari Bedana Massal, Pagelaran Musik, Way Kambas Idol, Festival Buah Nusantara, Festival Kuliner berakhir, sekaligus penutupan acara Festifal Way Kambas 2017, " katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement