Senin 07 Aug 2017 06:46 WIB

Sekretaris Fraksi: PAN Dukung Penuh Pemerintahan Jokowi-JK

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Nur Aini
Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungan penuh kepada pemerintahan Jokowi Jusuf Kalla (JK) hingga masa pemerintahan berakhir pada 2019.

 

"PAN mendukung penuh pemerintahan Jokowi-JK sampai selesai pemerintahan," ujar Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto, Ahad (6/8). Anggota DPR RI Dapil Banten tersebut menyampaikan dukungan di sela-sela kegiatan mendampingi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada acara Sosialisasi Empat Pilar di Serang.

 

Menurutnya, dukungan ini penting agar pemerintahan dapat berjalan dengan sukses. Yandri mengatakan kegiatannya bersama Ketua MPR di Banten ini juga merupakan bagian dari sosialisasi program-program pemerintah kepada masyarakat. "Kesuksesan program pemerintah ini sangat penting. Kalau program pemerintah berjalan sukses maka rakyat juga akan ikut senang," katanya.

 

Pada pemilihan presiden 2014, PAN memberikan dukungan kepada pasangan lawan Jokowi-JK, yakni Prabowo-Hatta. Namun seiring berjalannya pemerintahan pasca-Jokowi terpilih, PAN mendapatkan kursi menteri dalam kabinet.

Kehadiran kader PAN dalam kabinet kerja tersebut merupakan bagian dari pergantian menteri kabinet (reshuffle) yang kedua pada 27 Juli 2016. Jokowi memberikan jatah kursi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi kepada Asman Abnur.

Namun kehadiran PAN di gerbong pemerintahan mulai dipertanyakan beberapa pihak. Pasalnya, sikap PAN kerap bersebrangan dengan koalisi pendukung pemerintah yakni di antaranya dalam pembahasan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu di DPR.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement