Selasa 21 Mar 2017 16:34 WIB

Sema BSI Salemba 168 Rutin Laksanakan Bina Sekolah Indonesia

Senat Mahasiswa BSI Salemba 168 (ASM BSI Jakarta dan ABA BSI Jakarta) bersama siswa-siswi SDN  Karangsari 3, Pandeglang, Banten.
Foto: Dok BSI
Senat Mahasiswa BSI Salemba 168 (ASM BSI Jakarta dan ABA BSI Jakarta) bersama siswa-siswi SDN Karangsari 3, Pandeglang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senat Mahasiswa (Sema) ASM BSI Jakarta dengan Sema ABA BSI Jakarta -- atau yang biasa dipanggil Sema BSI Salemba 168 --,  rutin melaksanakan kegiatan Bina Sekolah Indonesia.

Tahun 2017, kegiatan yang  mengusung tema “Membangun Karakter Muda, Berjiwa Sosial, Inovatif dan Kreatif”  tersebut dilaksanakan di SDN Karangsari 3, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Banten. Lama kegiatan  tujuh hari, 26 Februari hingga 5 Maret 2017 lalu.

Ketua Umum SEMA 168 Yuni Asih menjelaskan,  kegiatan tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan. Menurutnya, kegiatan ini salah satu peran mahasiswa dalam menjalankan Tri Darma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

Selain itu,  sebagai bentuk kepedulian mahasiswa untuk membangun pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. “Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah sekolah di daerah terpencil dan memiliki kondisi kurang layak, baik fasilitas, akses, maupun proses pembelajarannya,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Mega Rizki menjelaskan,  selain mengajar formal, terdapat juga kegiatan memperingati hari Gizi Nasional yang bertemakan “One Day One Milk”. Pada kegiatan ini siswa dikenalkan tentang makanan empat sehat lima sempurna, serta pentingnya sarapan.

Mega menambahkan, siswa juga diberikan pembekalan kreativitas tangan. Yakni, cara membuat bando, gantungan dan kupu-kupu dari kertas origami. “Siswa juga diberikan pembekalan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Bagaimana membuang sampah sesuai dengan pengelompokan jenis-jenis sampah, seperti sampah organik, sampah non organik dan sampah bahan berbahaya beracun (B3),” tutur Mega.

Lebih lanjut Mega menjelaskan, Sema Salemba 168 juga melaksanakan kegiatan bakti sosial. Yakni, dengan membagikan sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di Kecamatan Angsana.

Dalam kegiatan ini Hayadi, guru SDN Karangsari 3,  mengucapkan terima kasih atas kepedulian Sema Salemba 168 terhadap pendidikan siswa SDN Karangsari 3. “Terima kasih kepada adik-adik dari Senat Mahasiswa BSI yang telah datang mengunjungi sekolah kami. Sekolah yang terletak paling ujung desa yang berada di Kecamatan Angsana. Semoga banyak hal yang diajarkan oleh adik-adik mahasiswa kepada siswa-siswi di sini dapat bermanfaat,”  papar  Hayadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement