Kamis 17 Mar 2016 05:44 WIB

4 Anggota Polda Kepri Positif Gunakan Narkoba

Tes urine untuk mengidentifikasi penggunaan narkoba.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Tes urine untuk mengidentifikasi penggunaan narkoba.

REPUBLIKA.CO.ID,  BATAM -- Sebanyak empat dari 205 anggota Polda Kepri yang menjalani tes urine secara mendadak usai upacara apel Rabu terbukti positif menggunakan narkoba.

"Setelah menjalani tes terbukti sebanyak empat personil yaitu IAS, LG, HA, JA positif mengkonsumsi narkoba," kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, tes urine tersebut dilakukan secara mendadak atas perintah Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian melalui Wakapolda Kepri Kombes Pol Yan Fitri Halimansyah.

"Jadi usai upacara apel yang melibatkan semua satker, peserta dilarang bubar. Tiap-tiap satker ada 15 orang yang dicurigai oleh komandannya dites urine. Empat yang positif kini menjalnai pemeriksaan lanjutan," kata dia.

Hartono mengatakan, pemeriksaan dilakukan tidak pada seluruh anggota mengingat peralatan yang dimiliki Polda Kepri untuk melakukan tes urine pada seluruh anggota masih terbatas.

"Pada anggota yang positif menggunakan narkoba akan diproses secara hukum maupun pelanggaran kode etik kepolisian. Masih didalami kapasitanya sebagai pemakai atau terlibat jaringan," kata Hartono.

Ia mengatakan, upaya tes urine tersebut juga merupakan salah satu bentuk keseriusan Polda Kepri untuk memerangi peredaran narkoba pada lembaga tersebut.

"Kami serius untuk memerangi narkoba termasuk dari internal. Kami juga melakukan razia dan penindakan pada seluruh wilayah sesuai dengn intruksi Presiden Joko Widodo," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement