Sabtu 27 Feb 2016 08:39 WIB

Tangerang Berpotensi Jadi Tujuan Wisata Medis

Walikota Tangerang Arief Wismansyah (kanan)
Foto: antara
Walikota Tangerang Arief Wismansyah (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menilai wilayah yang dipimpinnya mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata medis (medical tourism), seperti Kota Penang di Malaysia dan Singapura.

Menurutnya, keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta yang menjadi bagian dari wilayah Kota Tangerang harus bisa dimaksimalkan terutama dari sisi pariwisatanya.

"Sekitar 83 juta orang per tahun transit ke Kota Tangerang melalui Bandara Soekarno Hatta. Kenapa ini tidak dilihat sebagai potensi untuk meningkatkan kualias pelayanan kesehatan," ujarnya.

Ia berharap, kedatangan wisatawan dari luar negeri tersebut tidak hanya transit, tetapi bisa melakukan cek kesehatan seperti halnya di Singapura, Penang atau Malaka.

Arief menilai hal tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin. Karena saat ini saja Kota Tangerang memiliki jumlah rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan terbanyak di Provinsi Banten dan menjadi rujukan dari Kota-kota lainnya.

"Kita harus memiliki komitmen dengan implementasi program pelayanan masyarakat secara optimal," katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, Walikota meminta komitmen semua pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan termasuk Sumber Daya Manusia dan Teknologinya. Menurutnya semua pihak harus bersinergi baik itu Rumah Sakit, Organisasi Profesi, Organisasi Bidang Kesehatan, Pemerintah dan pihak lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement