Selasa 16 Jul 2013 15:37 WIB

Kandungan Logam Tinggi Ikan di Kali Surabaya Mandul

Rep: andi khbal/ Red: Taufik Rachman
Sebagian setuju untuk tidak menayangkan aksi sulap ikan mas koki renang berirama.
Foto: bbc.co.uk
Sebagian setuju untuk tidak menayangkan aksi sulap ikan mas koki renang berirama.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ecogolical Observation and Wetlands Conservasi (Ecoton), di kali Surabaya menyebutkan, banyak ikan yang mandul. Sebab, kandungan logamnya tergolong tinggi.

"Kondisi kali Surabaya sudah tidak sehat untuk ikan, dan ini harus cepat di carikan solusi," kata ketua Econton Prigi Arisandi, di Kantor Gubenur Jawa Timur, Selasa (16/7).

Dia mengatakan, makanan yang dikonsumsi oleh ikan-ikan di kali Surabaya terindikasi mengandung senyawa estrogenik seperti bisfenol A (BPA), botol susu bayi, wadah makanan, dan termo plastik.

Akibatnya, suaka ikan di Kali Surabaya mengalami kegagalan dalam proses pembentukan spermatorsit menjadi spermatozoa. Dengan begitu, bisa disimpulkan, kata dia, banyak ikan yang mandul."Makanya, jumlah ikan di kali Surabaya tidak bisa bertambah, bahkan kalau ini dibiarkan jumlahnya akan selalu berkurang," ujarnya.

Peneliti Ecoton Aminuddin M, mengatakan penelitian yang dilakukan oleh Ecoton yaitu di empat titik, di Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Dari empat titik itu ditemukan, perubahan pola makan ikan dikarenakan adanya pencemaran dari industri dan sampah rumah tangga.

Ke depan, Aminuddin mengatakan ecoton bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan menangani pencemaran kali Surabaya dengan menetapkan kali Surabaya sebagai kawasan suaka ikan hulu kali. "Jadi memperlakukan ikan dengan baik, atau mengikankan ikan sewajarnya," kata Prigi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement