REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pundit sepak bola Justinus Lhaksana membocorkan tentang masuknya apparel internasional Adidas untuk mendukung timnas Indonesia. Pria yang akrab disapa Coach Justin ini "keceplosan" ketika berbincang dalam podcast Trifellas bertajuk Mengulik Industri, Politik & Tujuan di Balik FCWC, yang disiarkan pada Kamis (3/7/2025).
Menurut Coach Justin, Indonesia merupakan pangsa pasar besar untuk sepak bola. Ia mengatakan, indikasinya bisa dilihat dari jumlah penonton Piala Dunia 2022 Qatar. Indonesia menempati peringkat empat penontonnya.
"Adidas, big company, penting di Piala dunia, bisnisnya gede kan. Kita penonton Indonesia, berdasarkan data kalian boleh Googling, Piala Dunia di Qatar penonton Indonesia nomor empat di dunia yang nonton," katanya.
"Penonton terbesar nomor empat di dunia, terus Indonesia akan di endorse sama Adidas," lanjutnya.
"Enggak Erspo lagi?" tanya presenter.
"Eh gw ngak boleh ngomong ini ya...hahaha," jawab Coach Justin.
Podcast inipun mendapat like ribuan orang. Ratusan komentar pun bermunculan, rata-rata bernada positif. Ada juga yang memberikan masukan, terutama soal desain jersey jika Adidas benar mendukung timnas Indonesia.
Republika menghubungi perwakilan Adidas di Indonesia, Gracia Putri. Ia menjawab pesan yang dikirimkan oleh Republika. Namun, Putri enggan berkomentar banyak, membenarkan atau membantah pernyataan Coach Justin.
"Selamat siang. Untuk saat ini, kami tidak ada komentar. Terima kasih untuk pengertiannya," tulis Putri.
Adidas menjadi sponsor bagi empat tim negara peserta Piala Asia 2023, yakni Irak, Arab Saudi, Jepang, dan Uni Emirat Arab. Sementara di Piala Dunia 2022 Qatar, apparel asal Jerman ini mendukung Argentina, Meksiko, Wales, Spanyol, Belgia, Jerman, dan Jepang.
Adidas masih menjadi salah satu sponsor utama FIFA. Bola Piala Dunia 2022 masih menggunakan jenama Adidas.