Sabtu 05 Oct 2024 12:00 WIB

Ini Pesan Perpisahan Presiden Jokowi di Hadapan Prajurit TNI

Jokowi mengapresiasi Prabowo yang dapat mendongkrak kualitas TNI.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memeriksa pasukan saat  upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).
Foto: Prayogi/Republika
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memeriksa pasukan saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada TNI karena sudah mendukung pemerintahannya selama dua periode. Pesan ini sekaligus perpisahan karena Jokowi akan lengser pada 20 Oktober 2024.

Hal ini dikatakan Jokowi saat berpidato di acara HUT TNI ke-79 di Monas pada Sabtu (5/10/2024). Jokowi hadir dengan ditemani Menhan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto dan anaknya yang menjadi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga

"Terimakasih kepada seluruh keluarga besar TNI yang mendukung tugas saya sebagai Presiden selama 10 tahun terakhir ini. Dirgahayu TNI," kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi mengapresiasi pengabdian TNI kepada rakyat dan negara. Jokowi mengklaim begitu kuat merasakan peran TNI sepanjang kepemimpinannya.

"Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian prajurit TNI bagi rakyat, bagi bangsa, dan bagi negara. 10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi tantangan dan krisis," ujar Jokowi.

Jokowi juga menitip pesan kepada Menhan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Jokowi mengapresiasi Prabowo yang dapat mendongkrak kualitas TNI.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menhan bapak Jendral Purn Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Dengan memodernisasi alutsista, dengan mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," ujar Jokowi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement