Kamis 03 Oct 2024 19:40 WIB

Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta, Cagub-Cawagub Bisa Saling Bersahutan

Tema debat perdana adalah Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global.

Rep: Bayu Adiji P/ Red: Andri Saubani
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari saat diwawancarai di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari saat diwawancarai di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat perdana untuk para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta di JIExpo Kemayoran pada Ahad (6/10/2024) malam. Tema debat perdana itu adalah Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, debat itu akan berlangsung selama 150 menit sejak pukul 19.00 WIB. Akan ada enam segmen dalam debat perdana tersebut. 

Baca Juga

"Segmentasinya ada enam segmen, di mana segmen pertama ini adalah segmen pemaparan visi misi," kata dia di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Kamis malam.

Setelah segmen pertama, dalam segmen kedua dan ketiga para pasangan calon (paslon) akan menjawab pertanyaan dari para panelis. Setelah itu, dalam segmen keempat dan kelima adalah tanya jawab antar-paslon. Terakhir, segmen enam para paslon akan memberikan pernyataan penutup atau closing statement.

"Jadi kira-kira seperti itu pembagian segmennya," kata dia. 

Menurut dia, debat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta itu akan langsung dihadiri oleh para cagub dan cawagub. Pasalnya, KPU tak menyediakan kegiatan khusus debat cawagub.

"Jadi nanti di pembagian segmentasinya, ada porsi khusus cagub, porsi khusus cawagub. Nanti juga ada di segmentasi di mana baik cagub atau cawagub ini bisa saling menimpali atau menjawab pertanyaan," ujar Astri.

Dalam debat itu, para paslon di Pilgub DKI Jakarta akan membahas isu-isu seperti ketahanan budaya, pembangunan SDM, perempuan dan anak, kaum marjinal, disabilitas, hingga gagasan mereka untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global. Apalagi, sebentar lagi status ibu kota negara akan berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Diketahui, debat perdana cagub-cawagub DKI Jakarta akan disiarkan secara langsung melalui televisi nasional. Adapun dua stasiun televisi yang akan menyiarkan adalah MNC Media dan Nusantara TV.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement