Rabu 25 Sep 2024 06:18 WIB

Pantun RK Saat Deklarasi Damai, Bisa Juara di Pilgub DKI Jakarta

Ketiga paslon di Jakarta sepakat kampanye tidak menjelek-jelekkan dan menjauhi hoaks.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Paslon DKI Jakarta nomor urut 1 M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) saat deklarasi kampanye damai untuk Pilgub Jakarta 2024 di Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/09/2024).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Paslon DKI Jakarta nomor urut 1 M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) saat deklarasi kampanye damai untuk Pilgub Jakarta 2024 di Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/09/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta, M Ridwan Kamil (RK) siap untuk melaksanakan kampanye secara damai di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Menurut dia, Pilgub DKI Jakarta harus menjadi percontohan untuk daerah lain yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dia menyatakan, pasangan Rido akan berupaya untuk menjadikan Pilgub DKI Jakarta sebagai rujukan bagi daerah lain. Karena itu, pesta demokrasi di Jakarta harus dapat diselenggarakan dengan damai dan semangat kekeluargaan.

Baca Juga

"Jauh dari yang namanya menjelek-jelekan, jauh dari namanya hoaks, jauh yang dari namanya hal-hal yang sifatnya money politic. Mudah-mudahan dengan begitu kita sambut Pilkada Jakarta dengan sebaik-baiknya," kata RK saat menghadiri deklarasi kampanye damai di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (24/9/2024).

Dalam kesempatan itu, RK juga membacakan dua buah pantun di atas panggung. Adapun pantunnya adalah:

Sungguh harum kayu gaharu,

Tdak kalah harum dengan wangi cerutu,

Jika ingin di Jakarta yang baru,

Mari semua warga Jakarta kita bersatu

Beli kado isinya sepatu,

Beli kue putu di hari Sabtu,

Pasangan Rido dapat nomor urut 1,

Isyaallah juara satu

Deklarasi kampanye damai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar Deklarasi Damai Pilkada DKI Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa. Deklarasi itu dihadiri oleh tiga pasangan calon (paslon) yang akan berlaga pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, deklarasi damai itu dilakukan agar para paslon bertanggung jawab dalam melaksanakan kampanye. Ia menegaskan, pelaksanaan kampanye tidak boleh dilakukan dengan cara-cara yang tidak terpuji, seperti melakukan penghasutan, adu domba dan sebagainya.

"Kegiatan kampanye juga merupakan kegiatan pendidikan masyarakat. Jadi mudah-mudahan di kegiatan kampanye ini Jakarta makin solid, Jakarta makin terintegrasi, bukan Jakarta yang makin terpecah karena kampanye kampanye yg ada," kata Wahyu di kawasan Kota Tua.

Adapun isi deklarasi damai kampanye itu adalah:

Kami calon gubernur dan wakil gubernur, partai pengusung, beserta tim kampanye, dan para pendukung berjanji:

1. Mewujudkan pemilihan yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.

2. Melaksanalan kampanye pemilihn yang aman tertib dan damai berintegritas tanpa hoaks tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang. 

3. Melaksanalan kampanye pemilihan berdasarkan peaturan undang-undang yang berlaku.

Dibaca tiga paslon...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement