Selasa 24 Sep 2024 06:01 WIB

Bang Emil: Nomor 1 Tanda Kemenangan Rido Satu Kali Putaran

Menurut Bang Emil, nomor urut satu juga mempunyai makna kesatuan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) di Gedung KPU Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/9/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) di Gedung KPU Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) merasa beruntung mendapatkan nomor pilih satu pada Pilgub DKI Jakarta 2024. Pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus tersebut percaya diri, nomor pilih satu tanda Pilgub Jakarta, hanya berlangsung satu putaran.

Bang Emil, sapaan akrabnya, mengaku, sudah terbiasa dengan nomor satu. Pengalamannya berhasil memenangkan kontestasi Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018, juga berkat nomor urut satu. "Semua nomor pada dasarnya baik. Tetapi, saat Pilgub Jabar, saya juga nomor urut satu, dan menang," katanya di kantor KPU Provinsi DKI, Jakarta Pusat dalam siaran pers, Senin (23/9/2024) malam WIB.

Baca Juga

Dengan angka satu yang didapatkan, Bang Emil ingin kontestasi Pilgub Jakarta hanya berlangsung sekali putaran. "Mudah-mudahan, (dengan nomor satu) Allah memberikan kemenangan juga di Jakarta," ujar mantan wali kota Bandung tersebut.

Menurut dia, nomor urut satu juga mempunyai makna kesatuan. Bang Emil mengatakan, dengan nomor pilih satu bersama pasangannya Suswono, dapat menjadikan Jakarta bisa lebih bersatu, merangkul semua warga tanpa diskriminasi kelas atau identitas. "Nomor urut satu, juga menggambarkan kesatuan visi dan misi untuk membangun Jakarta yang adil dan sejahtera bagi seluruh lapisan masyarakat," ujar Bang Emil.

Pada Senin (23/9/2024) malam, KPU DKI Jakarta melakukan pengundian nomor pilih untuk tiga pasangan cagub-cawagub Jakarta 2024. Pasangan Rido mendapatkan undian nomor pilih satu, pasangan jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto meraih nomor dua, dan pasangan Pramono Anung Wibowo-Rano Karno mendapatkan undian nomor tiga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement