Senin 16 Sep 2024 17:58 WIB

Israel Bujuk 30 Ribu Pencari Suaka dari Negara Afrika Jadi Tentara, Ini yang Dijanjikan

Israel terus mengalami kekurangan personel militer

Tentara Israel saat pemakaman rekannya yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza.
Foto: AP Photo/ Ohad Zwigenberg
Tentara Israel saat pemakaman rekannya yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV-Pemerintah Israel membujuk sekitar 30 ribu pencari suaka dari negara-negara Afrika untuk datang ke negara itu dengan menawarkan mereka izin tinggal permanen jika mereka bergabung dengan angkatan bersenjata negara penjajah itu dalam serangannya terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, demikian ungkap media setempat kemarin.

“Para pejabat pertahanan menyadari bahwa mereka dapat menggunakan bantuan para pencari suaka dan mengeksploitasi keinginan mereka untuk mendapatkan status permanen di Israel sebagai insentif.”

Baca Juga

“Kementerian Pertahanan Israel menawarkan kepada para pencari suaka dari Afrika yang berkontribusi dalam upaya perang di Gaza - mempertaruhkan nyawa mereka - bantuan untuk mendapatkan status permanen di Israel,” kata harian Israel, Haaretz, dalam sebuah laporan eksklusif, sebagaimana dikutip dari Midleeastmonitor, Senin (16/9/2024).  

Mengutip para pejabat pertahanan, surat kabar tersebut mengatakan bahwa prosedur-prosedur ini dilakukan “dengan cara yang terorganisir, dengan panduan dari penasihat hukum pembentukan pertahanan.”

Namun, “pertimbangan etis dalam merekrut pencari suaka belum dibahas.”

Sejauh ini, “tidak ada pencari suaka yang berkontribusi dalam upaya perang yang diberikan status resmi.”

Menurut harian itu, sekitar 30 ribu pencari suaka Afrika, yang sebagian besar adalah pemuda, tinggal di Israel, dengan sekitar 3.500 warga Sudan menikmati status sementara sementara aplikasi suaka mereka tertunda.

“Beberapa orang telah menyatakan keberatan atas praktik tersebut, dengan alasan bahwa hal itu mengeksploitasi orang-orang yang telah melarikan diri dari negara mereka karena perang,” kata harian tersebut, menambahkan bahwa suara-suara ini telah dibungkam.

Situs web Walla Israel melaporkan pada bulan Juni bahwa tentara pendudukan Israel mengalami kekurangan tentara.

Hal ini terjadi ketika Haaretz melaporkan bahwa puluhan tentara cadangan mengumumkan bahwa mereka tidak akan kembali ke dinas militer di Gaza, bahkan jika mereka dihukum.

Media Israel juga menyoroti bahwa ratusan tentara cadangan di tentara Israel telah melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa memberi tahu komandan mereka karena perang yang sedang berlangsung di Gaza, di mana pasukan pendudukan telah menderita kerugian besar selama beberapa bulan terakhir.

Pada Juli, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengungkapkan bahwa Israel membutuhkan 10 ribu tentara lagi di tengah-tengah perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Sebagai akibat dari kekurangan tersebut, Mahkamah Agung Israel memutuskan dengan suara bulat bahwa orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks harus tunduk pada wajib militer, setelah beberapa dekade dibebaskan dari wajib militer. Menurut Gallant, tentara dapat merekrut 4.800 tentara dari komunitas ultra-Ortodoks.

Israel telah menetapkan 709 tentara yang tewas sejak 7 Oktober 2023, termasuk 342 orang yang tewas dalam tugas sejak melancarkan serangan darat di Gaza pada 27 Oktober lalu.

Laporan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement