Senin 16 Sep 2024 17:02 WIB

Rafael Struick Resmi Gabung Brisbane Roar Australia, Kenakan Jersey Nomor 7

Penampilan Struick di Piala Asia AFC U23 dinilai sangat mengesankan.

Rep: Fitrianto/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pemain timnas Indonesia Rafael Struick berusaha melewati adangan pemain Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Rafael Struick berusaha melewati adangan pemain Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemain Tim Nasional Indonesia Rafael Struick resmi bergabung dengan salah satu klub Liga Australia (A-League), Brisbane Roar. Kepastian bergabungnya Struick sebagaimana dirilis media sosial milik Brisbane Roar, Senin (16/9/2024) ini.

Dalam unggahannya, Brisbane mengucapkan selamat datang untuk striker Timnas Indonesia yang sebelumnya memperkuat klub Belanda ADO Den Haag.

Baca Juga

"Selamat datang di Brisbane Roar, Rafael Struick. We're excited to welcome Indonesian international forward, Rafael Struick from Dutch club, ADO Den Haag ahead of the 2024/25 #ALM," tulisnya.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi klub, Brisbane Roar FC dengan bangga mengumumkan perekrutan penyerang Internasional Indonesia, Rafael Struick, menjelang musim Isuzu UTE A-League 2024/25. Pemain berbakat berusia 21 tahun ini bergabung dengan Roar dengan status bebas transfer dari klub Belanda ADO Den Haag. 

Struick, yang memiliki tinggi enam kaki dan 1 inci, adalah penyerang serba bisa yang mampu bermain sebagai pemain nomor 9 tradisional dan sebagai pemain sayap.  Musim ini, Struick telah tampil tiga kali di Eerste Divisie, untuk klub Belanda ADO Den Haag.

Di tingkat internasional, Struick telah tampil 14 kali untuk Tim Nasional Indonesia, di mana ia menjadi pemain kunci di bawah bimbingan pelatih Shin Tae-Yong, mantan pemain Roar. Struick bahkan menjadi andalan lini depan Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Socceroos baru-baru ini.

Penampilannya di Piala Asia AFC U23 sangat mengesankan, di mana Struick mencetak dua gol dalam kemenangan perempat final yang krusial atas Korea Selatan. Perjalanan luar biasa Indonesia di turnamen tersebut termasuk kemenangan atas Australia dan penampilan di semifinal.

Gol istimewa Struick dari luar kotak penalti melawan Korea Selatan dinobatkan sebagai gol terbaik turnamen tersebut. Lahir di Belanda, Rafael mengasah keterampilannya dalam sistem pengembangan sepak bola Belanda.

photo
Vietnams Nguyen Quang Hai tries to tackle Indonesias Rafael William Struick, right, during the Asian Cup Group D soccer match between Vietnam and Indonesia at Abdullah Bin Khalifa Stadium in Doha, Qatar, Friday, Jan. 19, 2024. - (AP Photo/Hussein Sayed)

Berbicara tentang kepindahannya, Rafael Struick mengungkapkan antusiasmenya, dengan menyatakan, "Saya senang berada di sini dan saya tidak sabar untuk memulai."  “Brisbane adalah klub yang sangat besar, bermain di kompetisi yang sangat kuat. Saya senang bermain di A-League dan pindah ke belahan dunia lain untuk melangkah keluar dari zona nyaman saya.“Saya ingin membantu tim sebisa mungkin dengan kualitas saya, mencetak gol dan memberikan assist,"ujar Struick.

Rafael Struick akan mengenakan kaus nomor 7 untuk Roar. Keluarga Roar dengan hangat menyambut Rafael di Brisbane. Mereka berharap dapat melihat sepak terjang Struick di lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement