Jumat 13 Sep 2024 07:30 WIB

Brigjen Susilo Jadi Pangdivif 2 Kostrad dan Mayjen Syafrial Kaskostrad

Mantan ajudan Jokowi, Mayjen Mohammad Fadjar dipromosikan menjadi Dankodiklat TNI.

Brigjen Susilo mendapat promosi menjadi Pangdivif 2 Kostrad.
Foto: Republika.co.id
Brigjen Susilo mendapat promosi menjadi Pangdivif 2 Kostrad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto melakukan rotasi dan mutasi jabatan strategis di tiga matra TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 tanggal 11 September 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 130 pati (perwira tinggi) TNI terdiri dari 68 pati TNI AD, 39 pati TNI AL, dan 23 pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Baca: Bagian Pengamanan dan Pomdam Jaya Razia Mobil Dinas Kemenhan

Di antara yang diganti adalah Pangdam Pangdam III/Siliwangi Mayjen Mohammad Fadjar dipromosikan menjadi Dankodiklat TNI. Fajar yang merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Laksdya Maman Firmansyah, yang memasuki usia pensiun.

Adapun Mayjen Dadang Arif Abdurachman dipromosikan menjadi Pangdam III/Siliwangi dari sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli Panglima TNI. Selain itu, Pangdam XV/Pattimura Mayjen Syafrial digeser menjadi Kepala Staf Kostrad. Syafrial menggantikan Mayjen Ilyas Alamsyah yang bakal memasuki masa purnatugas.

Baca: Peran Prabowo dan Boyke di Balik Pendirian SMA Taruna Nusantara

Pergantian juga terjadi untuk pos Pangdivif 2 Kostrad dari Mayjen Anton Yuliantoro kepada Brigjen Susilo, yang sebelumnya menjabat Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoad. Anton pun digeser menjabat Perwira Staf Ahli Tingkat III KSAD Bidang Komsos.

Selain itu, Mayjen Tri Yuniarto digeser dari Staf Ahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas menjadi Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas. Tri merupakan peraih Adhi Makayasa Akmil 1989 yang juga pernah menjabat Pangdivif 2 Kostrad.

Baca: Lima Anggota BPK Terpilih, Salah Satunya Orang Kepercayaan Prabowo

Kemudian, pergantian jabatan juga terjadi untuk Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer Kejaksaan Agung (Jampidmil Kejagung) dari Mayjen Wahyoedho Indrajit kepada Mayjen Mokhamad Ali Ridho. Wahyoedho akan memasuki masa pensiun sehingga digantikan Ali yang sebelumnya mengemban Oditur Jenderal (Orjen) TNI Babinkum TNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement