Rabu 11 Sep 2024 15:59 WIB

KSAD Pastikan Pembentukan Angkatan Siber Sebagai Matra Keempat Dilanjutkan di Era Prabowo

Satuan siber itu bakal berbeda dengan satuan-satuan lainnya di TNI.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak memastikan akan membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di TNI.
Foto: Republika.co.id
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak memastikan akan membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, pembentukan Angkatan Siber yang bakal menjadi matra keempat di tubuh TNI berlanjut di era pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto. Dia mengatakan, hal itu sudah pasti terjadi karena hampir semua negara di dunia pun sudah membuat lembaga pertahanan untuk urusan siber.

"Itu kan sudah jadi ancaman global kan sekarang, sudah terbukti beberapa permasalahan tentang data-data kita segala macam itu," kata Maruli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga

Maruli mengatakan, TNI AD juga bakal menyiapkan hal-hal yang diperlukan agar mempunyai organisasi yang baik untuk memfungsikan dan mengantisipasi perkembangan siber. Menurutnya, SDM yang akan mengisi Angkatan Siber itu pun bakal berpengaruh terhadap keamanan.

Menurut menilai, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Kementerian Pertahanan (Kemenhan) perlu duduk bersama membahas hal itu. "Nanti bagaimana mungkin, apa perlu dibagi tugasnya, siapa yang bertanggung jawab," kata dia.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengakui pihaknya sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di institusi TNI. "Saya sudah diperintahkan Pak Presiden, kemarin juga di MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber," kata Agus setelah menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Satuan siber itu menurutnya bakal berbeda dengan satuan-satuan lainnya di TNI karena akan lebih banyak diisi oleh personel sipil. Nantinya, kata dia, rekrutmen satuan tersebut akan lebih memprioritaskan keahliannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement