Ahad 18 Aug 2024 19:56 WIB

Asean Foundation Gandeng Konten Kreator untuk Kampanye Kebaikan

Program Kampanye kebaikan di Tiktok diharapkan perkuat hubungan masyarakat

Gedung Sekretariat Asean di Jakarta. ASEAN Foundation bekerja sama dengan TikTok meluncurkan program baru bernama ASEAN LIVE Creators for Change.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Gedung Sekretariat Asean di Jakarta. ASEAN Foundation bekerja sama dengan TikTok meluncurkan program baru bernama ASEAN LIVE Creators for Change.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ASEAN Foundation bekerja sama dengan TikTok meluncurkan program baru bernama "ASEAN LIVE Creators for Change" yang bertujuan mengajak para konten kreator di seluruh Asia Tenggara untuk berpartisipasi dalam kampanye kebaikan.

Program ini dirancang untuk memanfaatkan kekuatan media sosial, khususnya TikTok, dalam menyebarkan pesan positif tentang isu-isu penting seperti pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan pariwisata.

"Lewat keterampilan mereka dalam menyusun narasi yang menarik dengan berbagai perspektif beragam, para konten kreator ini mampu menarik audiens dan didukung fitur siaran langsung di TikTok," ujar Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, Piti Srisangnam, dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (17/8/2024).

Peluncuran program ini bertepatan dengan perayaan Hari ASEAN ke-57 di Jakarta pada 8 Agustus 2024. Program ASEAN LIVE Creators for Change akan menggandeng 20 konten kreator dari 10 Negara Anggota ASEAN. Mereka dipilih untuk menyoroti berbagai isu penting di wilayah tersebut dan menyebarkan pesan kebaikan melalui platform TikTok.

"Program ini bertujuan untuk mempromosikan topik-topik utama yang penting di wilayah ini dan memberikan kesempatan unik bagi para pembuat konten dari 10 negara ASEAN untuk menunjukkan manfaat menjadi bagian dari Komunitas ASEAN," jelas Srisangnam.

Program ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antar masyarakat dan memperdalam kesadaran identitas ASEAN di kalangan pengguna media sosial.

Jane Sea, Head of Trust & Reputation TikTok Live, menambahkan bahwa program ini tidak hanya membantu mempromosikan TikTok Live sebagai platform yang aman dan menarik, tetapi juga sebagai katalis perubahan sosial yang positif. "Peluncuran program ini bersama ASEAN Foundation menandai momen penting dalam komitmen kami untuk memanfaatkan fitur siaran langsung di TikTok sebagai alat yang ampuh untuk kebaikan sosial," kata Sea.

Para konten kreator yang terpilih nantinya akan menyelenggarakan sesi TikTok Live di akun masing-masing selama enam bulan. Sebelum memulai, mereka akan mengembangkan rencana dan memilih tema yang sesuai dengan keahlian serta minat mereka.

Selain itu, TikTok akan memberikan pelatihan kepada kreator terpilih untuk meningkatkan kualitas konten mereka serta memastikan mereka tetap aman saat menggunakan TikTok Live sesuai dengan Pedoman Komunitas TikTok.

"Konten kreator juga akan menerima wawasan tentang ASEAN yang disesuaikan dengan minat spesifik mereka, yang diharapkan dapat membantu mereka menarik lebih banyak pemirsa dan meningkatkan kesadaran tentang ASEAN," pungkas Sea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement