Ahad 04 Aug 2024 12:40 WIB

Era Digital, Universitas BSI Bekali Mahasiswa Transformasi AI dalam Akuntansi

Acara ini diadakan untuk eksplorasi dampak teknologi AI terhadap praktik akuntansi.

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengumumkan peluncuran program diskusi berupa seminar yang bertajuk Transformasi AI dalam Akuntansi: Tantangan dan Peluang bagi Sistem Informasi Akuntansi di Era Digital.
Foto: Dok Republika
Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengumumkan peluncuran program diskusi berupa seminar yang bertajuk Transformasi AI dalam Akuntansi: Tantangan dan Peluang bagi Sistem Informasi Akuntansi di Era Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan bangga mengumumkan peluncuran program diskusi berupa seminar yang bertajuk "Transformasi AI dalam Akuntansi: Tantangan dan Peluang bagi Sistem Informasi Akuntansi di Era Digital". Acara ini diadakan untuk mengeksplorasi dampak teknologi kecerdasan buatan (AI) terhadap praktik akuntansi modern, khususnya di bidang Sistem Informasi Akuntansi. Acara seminar ini dilaksanakan pada 18 Juli 2024 di Universitas BSI Kramat 98. 

Hadir sebagai Narasumber Bagus Rizal Setiawan Mitra PT Artifa Sukses Persada-Sales Engineer & Product Specialist serta mengundang sejumlah pakar dan praktisi terkemuka dari industri serta akademisi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

Baca Juga

Dalam seminar tersebut, Bagus menjelaskan bahwa peserta akan dijelaskan tentang tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan teknologi AI dalam konteks akuntansi, termasuk masalah etika dan keamanan data yang relevan. 

“Peserta dikenalkan tentang berbagai peluang yang muncul seiring dengan adopsi AI, seperti peningkatan akurasi laporan keuangan, pengembangan sistem analisis risiko yang lebih canggih, dan potensi untuk merancang strategi bisnis yang lebih proaktif,” jelasnya. 

Sementara itu, Adi Supriyatna selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI mengatakan dengan perubahan yang cepat dalam teknologi informasi, penggunaan AI dalam akuntansi telah menjadi salah satu topik utama yang menarik perhatian baik dari akademisi maupun praktisi di industri. 

“Program studi Sistem Informasi Akuntansi di Universitas BSI menghadirkan diskusi ini sebagai upaya untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana AI dapat mengubah cara kita mengelola data keuangan, melakukan analisis prediktif, dan meningkatkan efisiensi operasional di berbagai sektor industri,” jelasnya. 

Ia juga berharap dengan seminar ini peserta dapat memahami mengenai bagaimana AI dapat diterapkan secara efektif dalam meningkatkan kinerja dan relevansi sistem informasi akuntansi. 

"Dengan menyelenggarakan acara ini, kami berharap dapat memberikan wawasan yang berharga kepada mahasiswa dan para profesional di bidang akuntansi tentang bagaimana AI dapat diterapkan secara efektif dalam meningkatkan kinerja dan relevansi sistem informasi akuntansi," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement