Kamis 01 Aug 2024 05:25 WIB

Teka-teki tak Terjawab Ini yang Menurut Ahli Psikologi Forensik Buat Kasus Vina Jadi Rumit

Kasus Vina semakin rumit dengan munculnya narasi bahwa sejoli tersebut kecelakaan.

Poster film horor 'Vina: Sebelum 7 Hari' yang mengangkat cerita tentang korban kekerasan korban geng motor.
Foto: Dok. Dee Company
Poster film horor 'Vina: Sebelum 7 Hari' yang mengangkat cerita tentang korban kekerasan korban geng motor.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kasus meninggalnya Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 semakin rumit dengan munculnya narasi bahwa sejoli tersebut meninggal murni karena kecelakaan. Spekulasi tersebut sebenarnya bisa dijawab dengan bukti-bukti elektronik yang pasti dipunyai penyidik.

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menyatakan bahwa bukti komunikasi elektronik berperan penting untuk mengungkap fakta sebenarnya dalam kasus kematian Vina dan Eky. Menurutnya, bukti ini dapat memberikan gambaran secara jelas mengenai keterlibatan para terpidana, termasuk Saka Tatal dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga

"Kita membutuhkan bukti komunikasi elektronik yang rinci, termasuk siapa yang berkomunikasi dengan siapa, mengenai apa, dan pada waktu kapan. Ini akan membantu kita memahami apakah para pelaku merencanakan pembunuhan atau tidak," ujarnya di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, Rabu (31/7/2024).

Reza hadir sebagai saksi ahli dalam sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) kasus pembunuhan Eky dan Vina, yang diajukan oleh pemohon Saka Tatal di PN Cirebon. Reza menyampaikan, apabila kasus ini benar merupakan pembunuhan berencana, pasti ada komunikasi antarpelaku, baik melalui telepon atau sarana komunikasi lainnya.

Selain itu, Reza menyoroti pentingnya bukti elektronik dari para korban untuk menangkap indikasi kegelisahan mereka pada saat kejadian seperti rasa takut, cemas, panik, atau upaya mencari pertolongan. Ia juga sangat menyayangkan atas tidak dihadirkannya bukti elektronik tersebut dalam persidangan yang mengadili Saka Tatal serta ketujuh terpidana lainnya pada 2016 dan 2017. Inilah yang menjadi teka-teki yang tak terjawab.

"Saya merasa bukti elektronik itu sudah ada, karena Polda Jabar pasti melakukan ekstraksi terhadap ponsel seluruh pihak terkait pada malam (kejadian),” katanya.

photo
Kejanggalan kasus Vina Cirebon. - (Republika)

Menelusuri profil psikologis kedua korban.. baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement