Ahad 28 Jul 2024 09:22 WIB

Penjajahan Israel di Dataran Tinggi Golan, Begini Sikap Pak Harto dan Gus Dur

Pencaplokan Israel atas Dataran Tinggi Golan adalah batu sandungan perdamaian.

Tentara dari Batalyon Netzah Yehuda, pasukan paling brutal Israel, sedang beroperasi di Dataran Tinggi Golan.
Foto: IDF
Tentara dari Batalyon Netzah Yehuda, pasukan paling brutal Israel, sedang beroperasi di Dataran Tinggi Golan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Hantaman rudal di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel berpotensi memicu perang besar Israel dan Lebanon. Indonesia sejak lama menyerukan penarikan Israel dari wilayah yang dicaplok dari Suriah tersebut.

Dataran Tinggi Golan merupakan dataran tinggi strategis yang berbatasan dengan Lebanon, Israel, dan Yordania. Meskipun diakui secara internasional sebagai bagian dari Suriah, dua pertiga wilayah tersebut telah diduduki oleh Israel sejak wilayah tersebut direbut dalam Perang Enam Hari tahun 1967. Suriah berusaha merebut kembali wilayah tersebut pada 1973, namun gagal. Pasukan pengamat PBB telah mengawasi garis gencatan senjata sejak saat itu.

Baca Juga

Israel telah membangun puluhan pemukiman ilegal di Dataran Tinggi Golan, dan pada 1981, menyatakan bahwa mereka mencaplok wilayah tersebut. Sekitar 20.000 pemukim ilegal Israel kini tinggal di sana, bersama dengan sekitar 20.000 warga Arab Druze. 

Di Golan juga terdapat sekitar puluhan ribu warga Suriah yang selalu menolak ajakan untuk menjadi warga negara Israel. Aljazirah melaporkan bahwa anggota  komunitas ini yang terkena serangan mematikan yang menewaskan 12 orang di lapangan sepak bola pada Sabtu lalu.

Pemimpin Israel dari pihak Partai Buruh seperti Yitzhak Rabin dan Ehud Barak sebenarnya telah bersedia melepas Dataran Tinggi Golan untuk mendorong perdamaian. Namun, sikap itu digagalkan oleh seorang politikus sayap kanan bernama Benjamin Netanyahu.

Netanyahu sejak memulai jabatannya sebagai perdana menteri Israel adalah salah pendukung utama pencaplokan Dataran Tinggi Golan. Pada 1997, ia terang-terangan melawan resolusi Majelis Umum PBB (MU-PBB) yang mengutuk perluasan pembangunan permukiman Yahudi di kawasan pendudukan. "Dalam lima hingga 10 tahun mendatang, seluruh dunia akan melupakan resolusi PBB itu," ujar di hadapan para pemukim Yahudi di dataran tinggi Golan.

Indonesia mengecam klaim Netanyahu atas pendudukan di Dataran Tinggi Golan tersebut. Presiden Presiden ke-2 RI Soeharto menyoroti persoalan itu saat membuka Konferensi Tingkat Menlu Organisasi Konferensi Islam (KTM-OKI) ke-24 di Jakarta pada Juni 1997.

Dikutip dari arsip Republika, Pak Harto menegaskan, perdamaian di Timur Tengah yang adil dan menyeluruh hanya dapat dicapai bila Israel menarik diri tanpa syarat dari Dataran Tinggi Golan milik Suriah dan dari wilayah Lebanon Selatan. ''Indonesia akan tetap berada di pihak bangsa Arab dalam perjuangannya untuk memperoleh kembali wilayahnya yang diduduki Israel,'' tegas Presiden ketika membuka KTM-OKI ke-24 itu.

"Proses perdamaian yang sebelumnya telah memberikan harapan penyelesaian, kini justru berjalan makin tidak menentu. Rakyat Palestina masih terus mengalami penderitaan akibat tindakan-tindakan provokasi Israel dan penolakan Israel untuk melaksanakan komitmen-komitmen dalam Deklarasi Prinsip Tahun 1993 dan persetujuan-persetujuan berikutnya," kata Presiden.

Sikap serupa ditunjukkan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid. Kepada 16 duta besar negara-negara Arab yang mengunjunginya di Jakarta pada 1999, Gus Dur menyatakan komitmennya, bahwa Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebelum Palestina mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya dengan berdirinya negara Palestina yang beribukota Jerusalem. Israel juga dituntut mengembalikan dataran Tinggi Golan sebagai prasyarat dibukanya hubungan diplomatik dengan Indonesia. 

Akankah berujung perang? baca halaman selanjutnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement