Kamis 25 Jul 2024 05:05 WIB

Risma Menguat di Jatim, Andika Perkasa 'Bertarung' di Jateng? Begini Bocoran Bambang Pacul

Andika Perkasa dikabarkan akan menjadi cagub Jateng dari PDIP.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Wacana menjadikan mantan wali kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Timur (Jatim) terus menguat. Di sisi lain, mantan panglima TNI sekaligus kader PDIP Jenderal Purn Andika Perkasa dikabarkan akan menjadi cagub yang diusung partai banteng di Jawa Tengah (Jateng).

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengakui ada banyak usulan di tingkat elite agar Andika Perkasa maju pada Pilkada Jateng 2024. "Ya, di pusat sana memang ada usulan seperti itu. Akan tetapi, penetapannya tentu oleh Ibu Ketua Umum. Sampai hari ini belum ditetapkan," kata sosok yang akrab disapa Bambang Pacul itu usai rapat koordinasi pilkada di Panti Marhen, Semarang, Selasa (24/7/2024).

Baca Juga

BACA JUGA: Perubahan Bentuk Gunung Gede Saat Hari Kiamat Diungkap Alquran?

 

Namun, kata dia, memang sudah beredar rumor di kalangan DPP PDI Perjuangan mengenai kemungkinan Andika untuk dicalonkan di Jateng. Munculnya nama Andika, menurut dia, sebenarnya bukan bermaksud untuk diadu dengan kandidat lain yang kebetulan juga jenderal, yakni Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, melainkan lebih karena sosok dan pengalamannya. "Bukan berarti kami ingin mengadu atau membenturkan, sama sekali tidak," katanya.

Bambang Pacul menilai, Andika merupakan sosok yang mumpuni untuk memimpin Jateng ke depan dengan segudang pengalamannya, termasuk sebagai panglima TNI. "Pak Andika Perkasa adalah sosok yang bisa membikin kami, kawan-kawan PDI Perjuangan, mungkin ada rasa sedikit aman dan nyaman, begitulah kira-kira," katanya.

Ia melanjutkan, "Iya lah. Sosok Pak Andika, di samping bintang empat (jenderal), mantan panglima, orangnya juga simpatik. Kami senang lah."

Pilkada Serentak 2024, termasuk di Jateng, dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November mendatang. Beberapa nama sebelumnya juga sudah muncul meramaikan bursa Pilkada Jateng seperti Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Hendrar Prihadi (mantan Wali Kota Semarang), kemudian Sudaryono (Ketua DPD Partai Gerindra Jateng), hingga Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Namun, belakangan Sudaryono dikabarkan tak meneruskan pencalonannya pada Pilkada Jateng setelah menjadi Wakil Menteri Pertanian. Sementara itu, Dico juga memutuskan beralih ke Pilkada Kota Semarang 2024.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

PDIP 'merayu' PKB untuk Jatim dan Jateng.. baca di halaman selanjutnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement