Selasa 23 Jul 2024 06:50 WIB

Pejuang Palestina Masih Terus Hancurkan Tank-Tank Israel

Klaim bahwa kekuatan pejuang Palestina melemah terbantahkan.

Tentara Israel bergerak di atas tank di dekat perbatasan Israel-Gaza, terlihat dari Israel selatan, Sabtu, 29 Juni 2024.
Foto:

Pakar militer Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi mengatakan pada Aljazirah bahwa pemandangan penghancuran kendaraan Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan menegaskan bahwa perlawanan mempertahankan kemampuannya untuk menghadapi dan menghancurkan kendaraan, meskipun ada situasi tragis dari sudut pandang kemanusiaan.

Al-Duwairi menjelaskan - dalam analisis situasi militer di sektor ini - bahwa operasi perlawanan menunjukkan intensitas pertempuran dan keganasan konfrontasi, mencatat bahwa semua operasi ini dilakukan dari jarak nol karena tidak melebihi 150 meter.

Mengomentari berlanjutnya pertempuran di Rafah meskipun ada pembicaraan Israel tentang segera berakhirnya operasi di sana, Al-Duwairi mengatakan bahwa pertempuran dimulai terlambat karena penolakan Amerika, dan kemudian pasukan pendudukan bergerak perlahan dan bertahap.

Pada Ahad, Brigade Al-Qassam, mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan tiga tank Merkava dan sebuah buldoser militer D9 dengan peluru Al-Yassin 105 dan sebuah bom Shawaaz di timur Khan Yunis.

Di Rafah, di Jalur Gaza selatan, Al-Qassam mengkonfirmasi bahwa anggota pasukan Israel tewas dan terluka setelah menyerang mereka dari jarak dekat di dalam sebuah bangunan di lingkungan Al-Furqan di Tel Al-Sultan, sebelah barat kota tersebut.

Mereka juga mengumumkan peledakan sebagian terowongan oleh pasukan teknik Israel di daerah yang sama sambil memompakan gas peledak ke dalamnya, yang menyebabkan ledakan terbalik ke arahnya. Brigade al-Qassam juga mengonfirmasi bahwa buldoser militer D9 dan dua tank Merkava 4 Israel menjadi sasaran alat peledak Shawaaz dan peluru Al-Yassin 105.

Al-Duwairi menganggap konfrontasi yang sedang berlangsung di Rafah sebagai bukti bahwa pembicaraan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang penghancuran setengah dari Brigade Qassam di sana tidak benar, dan menekankan bahwa desakan Netanyahu untuk menguasai penuh Rafah berarti pertempuran akan berlanjut selama berbulan-bulan.

Dia menambahkan bahwa “perlawanan di Rafah tidak kalah kuatnya dibandingkan di Khan Yunis, Zeitoun, Shuja’iyya, atau Tal al-Hawa, di mana pendudukan telah mulai melancarkan operasi lagi setelah meninggalkan mereka,” menekankan bahwa penduduk Jalur Gaza saat ini hidup dalam kondisi penglihatan tidak jelas karena serangan acak yang dilakukan pendudukan.

Dia mengatakan bahwa kembalinya pendudukan ke daerah-daerah yang sebelumnya mereka tinggalkan menegaskan bahwa keluarnya mereka adalah karena kerugian dan bukan karena penghapusan perlawanan yang ada di daerah-daerah tersebut, menunjukkan bahwa pembicaraan pendudukan tentang pengurangan wilayah wilayah aman bertentangan dengan pembicaraan tentang kemenangan yang dibicarakan oleh para pemimpin Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement