Rabu 11 Sep 2024 15:31 WIB

Helikopter Israel Jatuh di Rafah, Dua Tentara IDF Tewas

Helikoter Israel jatuh saat hendak menjemput tentara yang terluka.

Helikopter Isrel yang jatuh di Gaza dan menewaskan dua prajurit pada Selasa (10/9/2024) malam.
Foto: IDF
Helikopter Isrel yang jatuh di Gaza dan menewaskan dua prajurit pada Selasa (10/9/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Dua tentara tewas dan beberapa lainnya terluka setelah sebuah helikopter Angkatan Udara Israel jatuh di Jalur Gaza selatan Selasa (10/9/2024) malam. Helikopter itu jatuh saat mencoba menyelamatkan sejumlah prajurit yang terluka diserang pejuang Palestina di Rafah.

Merujuk the Times of Israel, markas pasukan penjajahan Israel (IDF) menggambarkan kejadian itu sebagai kecelakaan. Menurut penyelidikan awal IAF, sebuah UH-60 Black Hawk dari Skuadron 123 telah terbang ke Rafah bersama tim medis Unit 669 sekitar pukul 23.30 untuk mengevakuasi seorang insinyur tempur yang terluka parah selama pertempuran di daerah tersebut. 

Baca Juga

Pada tahap pendaratan terakhir di dalam perkemahan IDF di Rafah, helikopter tersebut malah terbentur tanah alih-alih mendarat dengan benar. Menurut penyelidikan, helikopter tersebut tidak terkena tembakan musuh, dan kecelakaan itu terjadi beberapa saat sebelum pesawat seharusnya mendarat, yang berarti helikopter tersebut tidak jatuh dari ketinggian yang signifikan. 

Helikopter tersebut masih rusak berat dalam kecelakaan itu, dan semua penumpangnya terluka. Secara keseluruhan, dua tentara tewas dan delapan lainnya dibawa ke rumah sakit, empat di antaranya dalam kondisi serius.

Di antara empat orang yang terluka parah adalah insinyur tempur yang terluka secara terpisah. Masih belum jelas apa yang menyebabkan kecelakaan itu, meski IAF menggambarkannya sebagai kecelakaan. 

Sebuah penyelidikan telah diluncurkan untuk mengetahui mengapa helikopter tersebut malah menabrak tanah di perkemahan dan tidak mendarat dengan benar. Nama-nama tentara yang tewas belum diumumkan namun keluarga mereka telah diberitahu.

Markas IDF sebelumnya melansir lebih dari seratus tentara IDF terkena tembakan teman sendiri, termasuk 28 yang tewas sejak 7 Oktober. Sejak itu, 689 tentara IDF telah tewas, dan 4.303 lainnya terluka, IDF melaporkan pada hari Sabtu dalam ringkasan terbaru data korban perang tersebut. Sejak tentara memasuki Gaza pada 27 Oktober, 329 tentara tewas dan 2.199 lainnya luka-luka.

Menurut Jerusalem Post, dari mereka yang tewas 51 orang disebabkan oleh kecelakaan operasional, menurut data bulan Juni. Selain itu, 18 kematian disebabkan oleh jenis kecelakaan lain, lima akibat kesalahan tembakan, dan 28 akibat tembakan teman sendiri pada Agustus.

Sejak awal perang, IDF melansir  2.586 orang luka ringan, 1.077 luka sedang, dan 640 luka berat. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang tidak dirawat di rumah sakit.

Dari korban luka tersebut, 528 orang akibat kecelakaan yang melibatkan senjata, senjata api, bahan berbahaya, atau kebakaran; 70 orang akibat ditembak rekan sepasukan, 40 orang karena kesalahan tembakan, 60 orang karena kecelakaan di pinggir jalan, dan 167 orang karena jatuh atau kecelakaan kerja lainnya.

Ynet melaporkan pekan lalu bahwa 10.000 tentara tewas atau terluka sejak pasukan IDF memasuki Gaza dan setiap bulan, sekitar 10.000 tentara berada dalam tekanan fisik atau psikologis, mengutip data Kementerian Pertahanan.

Jerusalem Post menyatakan tidak dapat melihat data Kementerian Pertahanan Israel. IDF belum melaporkan mereka yang dirawat di rumah sakit karena tekanan psikologis.

Kolonel Israel terluka parah... baca halaman selanjutnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement