Jumat 28 Jun 2024 16:12 WIB

Bocoran Info dari PKS yang Sampai Harus Diklarifikasi Kaesang dan Istana

Kaesang: Pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.
Foto:

Beberapa parpol pun sudah membantah isu disodori nama Kaesang oleh Jokowi. Di antara yang membantah adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lewat Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid .

"Tidak, tidak ada," kata Jazilul di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat setelah menghadiri agenda pertemuan pembahasan rangkaian agenda HUT Ke-79 RI dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Atas adanya kabar tersebut, Jazilul mengaku tidak mengetahuinya dan meminta untuk ditanyakan langsung ke pihak PKS.

"Tanya PKS, jangan tanya saya," kata dia.

Jazilul menegaskan dalam mengusung nama-nama di pilkada, PKB memutuskannya berdasarkan aspirasi di tingkat dewan pimpinan wilayah (DPW) yang ada. Selain itu, juga mencermati konstelasi politik nasional.

Untuk itu, ia mengatakan untuk urusan pilkada, juga jangan dikait-kaitkan dengan Presiden. "Kamu jangan ikut-ikutkan Pak Presiden," kata Jazilul.

Ketua Tim Desk Pilkada DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto juga menyampaikan partainya tidak pernah ditawari Presiden Jokowi untuk mengusung Kaesang Pangarep pada Pilkada 2024. "Kalau Pak Jokowi cawe-cawe saya nggak dengar tuh, dan Pak Jokowi nggak menawarkan ke mana-mana, nggak," kata Yandri.

Saat dimintai tanggapannya soal isu Presiden Joko Widodo melakukan cawe-cawe politik di Pilkada 2024, ia mengatakan yang terjadi justru PAN meminta restu mengusung nama Kaesang Pangarep kepada Presiden Jokowi yang merupakan ayah Kaesang. Menurutnya, Kaesang sebagai warga negara Indonesia dan juga ketua umum partai politik memiliki hak untuk maju di pilkada.

Namun demikian, kata dia, kemungkinan PAN mengusung Kaesang di pilkada masih memerlukan pembicaraan panjang. Adapun komunikasi PAN dengan Kaesang, kata Yandri, terus terjadi dalam kapasitas Kaesang sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

"Karena kita banyak koalisi dengan PSI di kabupaten, kota, provinsi, ya pasti komunikasi sama Mas Kaesang, sama Raja Juli Antoni sebagai sekjen," jelasnya.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement