Kamis 27 Jun 2024 16:33 WIB

FIP UMJ Gelar Turnamen Badminton Antar Sekolah dan Universitas Se-Jabodetabek

Ini merupakan rangkaian FIP Cup V yang diselenggarakan di Hall Badminton UMJ.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), menggelar turnamen badminton ganda putra antar sekolah dan universitas se-Jabodetabek.
Foto: Dok Republika
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), menggelar turnamen badminton ganda putra antar sekolah dan universitas se-Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), menggelar turnamen badminton ganda putra antar sekolah dan universitas se-Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan rangkaian FIP Cup V yang diselenggarakan di Hall Badminton UMJ.

Sebanyak 43 tim, terdiri dari 29 sekolah dan 14 perguruan tinggi bertanding di babak penyisihan pada Sabtu (22/06/2024). Lalu babak semifinal dan final dilanjutkan pada Rabu (26/06/2024).

Baca Juga

Pada babak final, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si. turut hadir untuk memberikan hadiah secara simbolis kepada juara turnamen badminton FIP CUP V.

Pada tingkat sekolah, SMA Islam Panglima Besar Soedirman berhasil menjadi Juara 1, diikuti Juara 2 diraih SMAN 3 Tangerang Selatan dan Juara 3 diraih SMAN 5 Tangerang Selatan.

Muhammad Julian Febrian dan Muhammad Fikri Fauzan, Siswa SMA Islam Panglima Besar Soedirman mengutarakan rasa senangnya pasca menerima predikat juara satu. Mereka mengaku telah mempersiapkan lomba dengan berlatih di klub badminton.

"Kami senang dan terharu karena bisa juara satu. Pas lomba juga seru dan nyaman karena fasilitasnya di UMJ bagus, lapangannya karpet, lingkungannya juga adem," kata Julian.

photo
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), menggelar turnamen badminton ganda putra antar sekolah dan universitas se-Jabodetabek. - (Dok Republika)
 

Sementara itu, pada tingkat perguruan tinggi, Universitas Gunadarma yang menjadi jawara, diikuti juara kedua Universitas Indraprasta PGRI dan juara ketiga Universitas Pamulang.

Gavy Setriadi dan Artha, mahasiswa Universitas Gunadarma mengaku mengikuti lomba badminton FIP Cup V karena mengetahui dari teman yang menjadi panitia. Keduanya pernah mengikuti kompetisi badminton profesional dan bergabung di klub bulu tangkis sehingga saat mengikuti turnamen di UMJ sudah siap.

"Fasilitas UMJ sudah bagus, selama saya ikut kompetisi badminton antar mahasiswa, hanya di UMJ ini yang bagus lapangan dan koknya. Sebagai pemain badminton pasti melihat dari segi koknya, nah, UMJ memberikan kok yang stabil dan bagus, jadi harus pertahankan kualitasnya untuk turnamen selanjutnya," jelas Gavy.

FIP Cup adalah program kolaborasi lembaga kemahasiswaan di FIP UMJ yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa, himpunan mahasiswa di lingkungan FIP UMJ, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat FIP UMJ. Gelaran tahunan FIP Cup V resmi dibuka secara simbolis oleh Ma'mun Murod di Auditorium FIP UMJ, Rabu (19/06/2024).

Rangkaian FIP Cup V diawali dengan Seminar Kepemudaan dengan tema "Pemuda Berkemajuan, Indonesia Maju" dan dimulai pada 19 hingga 29 Juni 2024. Terdapat sebanyak enam perlombaan yang memeriahkan FIP Cup V yaitu futsal, badminton, tari tradisional, musikalisasi puisi, MTQ, dan e-sports (Mobile Legend). Penutupan FIP Cup V akan dilaksanakan pada 6 Juli 2024.

Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapatkan Akreditas Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada 5 Maret 2024. Di tahun ini, UMJ yang menjadi kampus tertua diantara 173 PTMA, telah melahirkan 22 guru besar (professor), yang salah satunya terhitung masih sangat muda, yaitu di usia 33 tahun dalam bidang ilmu hukum. UMJ juga telah memiliki 16 Prodi dengan akreditasi Unggul, 2 Prodi dengan akreditas A.

Dengan akreditasi unggul, UMJ sebagai Perguruan Tinggi Muhamamadiyah Aisyiyah (PTMA) tertua, UMJ dapat meningkatkan profesionalitas dan produktivitas serta penguatan budaya ilmiah unggul berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan. UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 51.093 alumni yang tersebar dan berkpirah dalam berbagai bidang dan telah memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement