Ahad 23 Jun 2024 12:27 WIB

Simak Skenario yang Dibutuhkan Tim-Tim untuk Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Baru satu tim yang tersingkir dari persaingan ke babak 16 besar Euro, yakni Polandia.

Spanyol satu dari tiga tim yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Spanyol satu dari tiga tim yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Euro 2024 akan memasuki matchday terakhir fase grup. Sejauh ini, tiga tim telah mengamankan tempat mereka di babak 16 besar, yakni Jerman, Spanyol, dan Portugal. Sebaliknya, hanya satu tim dari 24 kontestan yang sudah tereliminasi dari turnamen, yakni Polandia.

Sisanya, seluruh tim masih berpeluang untuk lolos, baik sebagai juara grup, runner-up, ataupun empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Baca Juga

Akan tercipta situasi tim dengan dua poin bisa saja lolos sebagai runner up atau tim dengan empat poin justru gagal karena hanya finis di posisi terakhir grup.

Jika tim-tim memiliki poin yang sama, mereka akan dibagi berdasarkan rekor head-to-head, selisih gol, kemudian gol yang dicetak, poin disiplin, berikutnya peringkat kualifikasi mereka.

Berikut ini skenario tim-tim untuk lolos dari masing-masing grup Euro 2024

Grup A

Jerman telah lolos dan dipastikan akan menempati posisi dua besar dalam grup. Mereka dapat mengamankan posisi puncak jika mereka tidak kalah atas Swiss.

Swiss dapat lolos ke babak 16 besar jika mereka tidak kalah dari Jerman atau Skotlandia gagal mengalahkan Hungaria. Mereka dapat menjadi juara grup jika mereka berhasil mengalahkan Jerman.

Skotlandia akan lolos dengan kemenangan atas Hungaria dan kekalahan Swiss dari Jerman, asalkan mereka dapat mengungguli perbedaan selisih gol setelah kalah 1-5 dari Jerman pada laga pertama.

Hungaria harus mengalahkan Skotlandia untuk memiliki kesempatan mencapai babak 16 besar dengan menjadi salah satu dari peringkat ketiga terbaik.

Grup B

Spanyol telah mencapai babak 16 besar dan akan menjadi juara grup berkat kemenangan mereka atas Italia yang berada di peringkat dua.

Italia harus menghindari kekalahan dari Kroasia untuk dapat finis sebagai runner-up grup. Mereka akan tersingkir jika kalah dan Albania mengalahkan Spanyol.

Albania dapat finis sebagai runner-up jika mereka mengalahkan Spanyol dan Kroasia mengalahkan Italia. Mereka akan tersingkir jika mereka kalah dan Kroasia menang.

Kroasia juga dapat finis sebagai runner-up grup jika mereka mengalahkan Italia dan Albania tidak menang atas Spanyol. Kroasia akan tersingkir jika mereka bermain imbang dan Albania tidak kalah.

Grup C...

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement