Selasa 11 Jun 2024 11:58 WIB

Presiden Jokowi: Upacara 17 Agustus di IKN Tahun Depan Setelah Kepres Terbit

Untuk tahun ini Upacara 17 Agustus 2024 akan dilakukan hibrid, di IKN dan Jakarta.

Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Presiden Joko Widodo mengatakan Upacara HUT ke-80 RI pada 17 Agustus 2025 akan dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur saja. Ini setelah perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN Nusantara resmi dilakukan.

Presiden Jokowi mengatakan Upacara 17 Agustus pada tahun depan dilakukan di IKN setelah Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpindahan IKN diterbitkan.

Baca Juga

"Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti (upacara) di IKN saja," kata Presiden Jokowi usai menghadiri penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pada tahun ini Upacara Peringatan HUT ke-79 RI dilakukan di dua tempat, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Istana Presiden di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

 

Menurut Presiden, Upacara 17 Agustus 2024 dilakukan di dua tempat karena saat ini ibu kota Negara dalam masa transisi atau perpindahan dari Jakarta ke IKN Nusantara. "Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Presiden.

Kepala Negara lantas menilai Upacara 17 Agustus pada tahun depan hanya dilakukan di IKN Nusantara saja karena pertimbangan mobilisasi, hingga akomodasi yang tidak mudah jika harus dilakukan di dua tempat.

"Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Presiden.

Presiden menambahkan bahwa seluruh tamu penting, seperti mantan presiden hingga duta besar sahabat negara diundang untuk menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara. "Semuanya diundang, semuanya diundang. Ke IKN," kata Presiden.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," kata Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6), usai menghadiri rapat terbatas terkait Upacara HUT Ke-79 RI.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement