Sabtu 08 Jun 2024 04:30 WIB

Khofifah-Emil Resmi Pegang Rekomendasi Prabowo, PKB-PDIP Berkoalisi?

Khofifah-Emil mengantongi SK rekomendasi dari enam partai politik.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Prabowo Subianto (tengah) bersama Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Elestianto Darkad (kiri) menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, di Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).
Foto:

Menurut Khofifah, saat ini dirinya sudah jadi bagian dari paket pasangan Khofifah-Emil. Apalagi, ia dan Emil juga telah mengantongi SK rekomendasi dari enam partai politik untuk maju dalam Pilgub Jatim.

"Kalau ini kan sudah sepaket. Kalau rekomendasi dari Gerindra sudah September lalu, tapi untuk paket hari ini disampaikan. Begitu juga dari Golkar, Demokrat, dari PAN juga paket, PSI juga paket, kalau PPP itu Jatim, jadi ini sudah paket," ujar dia.

Dengan adanya rekomendasi dari Prabowo untuk Khofifah-Emil, kini dua partai besar yang memperoleh suara banyak di Jatim, yakni PDIP dan PKB, belum menentukan bakal calon. PKB beberapa waktu lalu memastikan akan menjadi penantang Khofifah.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, pihaknya tengah menyaring sosok yang tepat untuk diusung sebagai calon gubernur Jatim. Ia juga memastikan tak akan berkoalisi dengan partai politik yang mengusung Khofifah Indar Parawansa.

"Ya lagi proses tentu kita tetap butuh koalisi. Kita juga mempertimbangkan ketokohan, mesin pemenangan, ketokohan," ujar Muhaimin di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

PKB sendiri dipastikan siap menghadapi Khofifah yang notabene adalah pejawat gubernur Jawa Timur. Apalagi pihaknya memiliki modal sebagai partai politik pemenang di pemilihan legislatif provinsi tersebut. "Harus siap lah (melawan Khofifah), partai pemenang (di Jawa Timur)," ujar Muhaimin.

Cak Imin memang masih rapat merahasiakan nama yang akan diusung dengan alasan tidak mau ketahuan sama Khofifah. "Hampir sepakat, pokoknya kita harus mengusung seseorang, siapa dia? Ini masih rahasia. Nanti kalau bocor ketahuan Khofifah, bahaya," kata Cak Imin seraya tertawa, Senin (29/4/2024).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement