Sabtu 08 Jun 2024 04:30 WIB

Khofifah-Emil Resmi Pegang Rekomendasi Prabowo, PKB-PDIP Berkoalisi?

Khofifah-Emil mengantongi SK rekomendasi dari enam partai politik.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Prabowo Subianto (tengah) bersama Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Elestianto Darkad (kiri) menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, di Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).
Foto: Republika/Bayu Aji P
Prabowo Subianto (tengah) bersama Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Elestianto Darkad (kiri) menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, di Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan maju bersama Emil Elistianto Dardak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). Pasangan itu telah mengantongi SK rekomendasi dari enam partai politik untuk menjadi cagub dan cawagub Jatim, termasuk dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pada pertemuan di kediaman Prabowo di Jakarta Selatan, Prabowo mengaku tersanjung dengan kedatangan pasangan Khofifah-Emil ke kediamannya. Pasalnya, pasangan itu merupakan tokoh politik penting yang akan ikut serta dalam Pilgub Jatim 2024. Dalam kesempatan itu, Prabowo juga memberikan surat keputusan (SK) rekomendasi dari Partai Gerindra untuk pasangan itu maju dalam Pilgub Jatim.

"Kami dari Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan, dan mendukung, Ibu Khofifah dan Mas Emil menjadi gubernur dan wakil gubernur Jatim untuk periode yang akan diadakan dalam pemilihan November," kata dia saat memberikan keterangan pers di kediamannya, Jumat (7/6/2024).

Khofifah mengaku telah beberapa kali bertemu dengan Ketua DPP PDIP Said Abdullah untuk berkomunikasi terkait Pilgub Jatim 2024. Namun, dalam pertemuan terdahulu tidak ada tawaran nama untuk dijadikan cawagubnya. Alhasil, Khofifah memutuskan untuk maju bersama Emil.

 

"Begini, saya sudah dua kali ketemu Pak Said, kita hanya cerita untuk pilgub. Beliau tidak sampai menyampaikan mungkin ada cawagub. Itu tidak sampai dibahas," kata dia di Jakarta, Sabtu (7/6/2024).

Ia mengaku tetap mengikuti perkembangan berita di media, yang menyebut PDIP menyiapkan nama cawagub untuk mendampinginya. Namun, sejauh tidak ada komunikasi terkait masalah itu dengan PDIP, terutama dengan Said Abdullah.

Rekomendasi enam partai politik. Baca di halaman selanjutnya.

photo
Data dan Fakta Hasil Pemilu 2024. - (Republika)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement