Jumat 24 May 2024 22:07 WIB

CFD di Pekanbaru Belum Diaktifkan, Pemkot Ungkap Alasannya

CFD di Pekanbaru rencananya dibuka pada Ahad (19/5/2024).

Suasana Car Free Day (CFD) (ilustrasi). Pemkot Pekanbaru belum mengaktifkan CFD.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Suasana Car Free Day (CFD) (ilustrasi). Pemkot Pekanbaru belum mengaktifkan CFD.

 

 

Baca Juga

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, masih belum mengaktifkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD). CFD yang biasanya dipusatkan di Jalan Jendral Sudirman setiap Ahad pagi masih dalam tahap evaluasi. 

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRL) Dinas Perhubungan Pekanbaru, Febrino, mengatakan, sebelumnya CFD direncanakan buka pada hari Ahad lalu (19/52024). Akan tetapi batal dilaksanakan karena ada yang harus dievaluasi lagi.

"Rencananya kemarin mau dibuka, tetapi pada saat rapat evaluasi bersama dengan organisasi perangkat daerah terkait, ada yang tidak hadir sehingga akhirnya CFD belum kita buka kembali," kata Febrino.

Atas hal itu bahkan pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan kapan CFD kembali dibuka. Pasalnya, pihaknya bersama dengan OPD terkait lainnya terlebih dahulu harus menggelar rapat evaluasi bersama antara pihak terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Pekanbaru.

Dia mengatakan ada beberapa hal yang bakal dievaluasi terkait penerapan CFD. Di antaranya terkait tata letak pelaku usaha mikro kecil menengah yang berjualan di sana. Kemudian juga terkait parkir dan lalulintas di sekitar area CFD.

"Nanti apa hasil evaluasi akan kita sampaikan lah. Kami terlebih dahulu akan menggelar rapat bersama dengan OPD terkait," jelasnya.

Kegiatan CFD Pekanbaru digelar setiap hari Minggu pagi pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Kegiatan ini digelar di Jln. Jenderal Sudirman, mulai dari jembatan layang simpang Jln Tuanku Tambusai hingga sejumlah ruas jalan di sekitarnya, seperti Jalan Gajah Mada, Jalan Cut Nyak Dhien.

Pemko Pekanbaru sebelumnya menghentikan kegiatan CFD selama bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Namun setelah itu juga belum kunjung dibuka hingga sekarang.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement