Jumat 24 May 2024 14:27 WIB

AP I Terima Penghargaan Keamanan Bandara Tingkat Dunia

Sebanyak delapan bandara AP I telah terakreditasi Apex in Security.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Erik Purnama Putra
Calon penumpang pesawat melihat jadwal penerbangan di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (5/4/2022).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Calon penumpang pesawat melihat jadwal penerbangan di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (5/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I menerima penghargaan Airport Excellence (Apex) Partner Special Recognition Awards dari organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International (ACI). Penghargaan dari ACI tersebut merupakan apresiasi terhadap komitmen AP I dalam mengimplementasikan dan memprioritaskan keamanan bandar udara berstandar internasional melalui program Apex in Security. 

"Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari ACI terhadap komitmen dan dedikasi AP I dalam mengimplementasikan sistem keamanan bandara berstandar internasional melalui penyelenggaraan program Apex in Security," kata Direktur Utama AP I MMA Indah Preastuty dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (24/5/2024). 

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan dalam Forum ACI World Annual Global Assembly, Conference, and Exhibition (WAGA) di Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (22/5/2024). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira dan diterima Direktur Utama AP1 MMA Indah Preastuty.

"Sebanyak delapan bandara AP I telah terakreditasi, di mana pelaksanaan Apex in Security di bandara AP I dilaksanakan sejak 2016 hingga 2024," ucap Indah. 

Kedelapan bandara AP I yang telah melaksanakan Apex in Security adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada 2016, Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada 2017, serta Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada 2019.

Kemudian, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok pada 2023, serta Bandara Sam Ratulangi Manado yang akan menyelesaikan program Apex in Security pada September 2024. Indah menjelaskam, AP I merupakan perusahaan pengelola bandara dengan jumlah bandara terbanyak yang telah mengikuti program Apex in Security di regional Asia-Pasifik.

Total ada 12 bandara di kawasan Asia-Pasifik dan 34 bandara di seluruh dunia yang telah mengikuti program tersebut. Melalui program Apex in Security, ACI selaku inisiator program melaksanakan review dan asesmen terhadap standar keamanan yang berlaku di bandara, baik dari sisi SDM, fasilitas, dokumen, serta manajemen mutu.

Asesmen terhadap standar keamanan tersebut didasarkan atas parameter yang ditetapkan dalam regulasi yang berlaku secara internasional yakni ICAO Annex dan ICAO Document. Hasil dari asesmen tersebut berupa rekomendasi, sehingga pengelola bandara dapat meningkatkan standar keamanan penerbangan.

"Dengan standar keamanan yang terpenuhi, pemenuhan terhadap standar layanan dan operasional akan optimal, sehingga secara langsung akan berdampak positif terhadap kenyamanan pengguna jasa bandara," ucap Indah. Rahayu Subekti

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement