Ahad 19 May 2024 11:19 WIB

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Buka Festival Budaya Isen Mulang dan Kuliner Nusantara

Festival diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kalteng.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024) lalu. 

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan saat ini Provinsi Kalteng terus bergerak dan melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremoni, tetapi juga menjadi kekuatan pariwisata daerah, nasional, bahkan mancanegara. 

Baca Juga

"Kita terus ubah pembangunan Kota Palangka Raya, jantungnya Provinsi Kalimantan Tengah. Nanti di Bundaran Besar akan ada Pekan Budaya setiap minggunya dan di Kilometer 26 InsyaAllah akan dibangun universitas yang presentatif, yang bisa menyaingi lima besar universitas yang ada di Indonesia," ujarnya. 

Gubernur menambahkan, di Kilometer 26 nantinya juga akan dibangun Rumah Sakit Provinsi dan gratis untuk masyarakat tidak mampu. "Silahkan datang ke Rumah Sakit yang ada di Kalimantan Tengah, saya selaku Gubernur menjamin itu digratiskan bagi masyarakat yang tidak mampu," tukasnya. 

 

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kurleni Ukar mengatakan FBIM tahun ini terpilih masuk dalam karisma event Nusantara. "FBIM 2024 diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya ke Kalimantan Tengah sebagai salah destinasi wisata unggulan yang sudah terkenal di mancanegara," ungkapnya. 

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024). - (Pemprov Kalteng)

Menurutnya, FBIM ini juga menjadi wajah promosi ekonomi kreatif dan kuliner khas Kalteng sehingga lebih berkembang dan dikenal. "Kami berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak sosial budaya, lingkungan, khususnya ekonomi bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan dalam laporannya, kegiatan FBIM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalteng ke-67 dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi seni dan budaya Kalteng. 

"Kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan potensi dan keunggulan pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah dan juga mampu menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah," tandasnya. 

Nampak hadir Ketua TP PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dan istri Nunu Andriani, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Sekda Prov Kalteng Nuryakin dan istri Anitha Nuryakin, Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement