Senin 15 Apr 2024 07:00 WIB

Ketua DPR Minta Petugas Siaga Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Arus balik Lebaran harus mengutamakan keselamatan.

Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua DPR Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani meminta petugas dari instansi terkait terus siaga dalam menghadapi puncak arus balik Lebaran 2024.

"Saya meminta pihak-pihak yang bertugas terus siaga membantu keamanan dan kelancaran para pemudik sampai arus balik selesai,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Puan mengimbau pula kepada para pemudik untuk berhati-hati saat melakukan perjalanan pulang dari kampung halaman.

“Libur Idul Fitri sebentar lagi usai, dan banyak masyarakat yang mulai kembali pulang setelah berlebaran dan berlibur dari kampung halamannya," katanya.

Pengawalan oleh petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) bagi kendaraan pemudik perlu dilakukan di titik-titik rawan, mengingat puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada Minggu dan Senin (15/4).

"Terutama bagi pemudik bermotor. Biasanya dari pelabuhan banyak kendaraan keluar di saat bersamaan setelah turun dari kapal penyeberangan. Dengan pengawalan dari petugas, keamanan pemudik akan lebih terjamin," ucapnya.

Dia juga meminta pihak kepolisian memperhitungkan dengan cermat saat memberlakukan rekayasa lalu lintas, bersamaan dengan harus adanya antisipasi khusus saat tiba-tiba ada lonjakan kendaraan signifikan.

"Optimalkan pos-pos keamanan serta pos pelayanan, dan tentunya pos kesehatan di setiap titik keramaian," ujarnya.

Menurut dia, optimalisasi pos keamanan dan pos pelayanan penting sebagai langkah antisipasi sebab terjadi beberapa kecelakaan maut kendaraan saat arus mudik lalu.

Lebih lanjut, Puan mendukung pula kebijakan kombinasi work from office (WFO) dan work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) demi mengurangi kemacetan saat arus balik Lebaran 2024.

Dia menilai kebijakan seperti itu bisa juga untuk diadopsi oleh lembaga atau instansi non-pemerintah lainnya.

"Kita sudah belajar saat pandemi COVID-19 lalu, sistem masuk bergantian ke kantor dengan metode WFH ternyata bisa membantu. Tentunya harus disesuaikan dengan kondisi kantor masing-masing," tuturnya.

Puan lantas mengimbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati selama perjalanan arus balik, mengingat hujan deras mengguyur sejumlah wilayah dalam beberapa waktu terakhir.

"Selalu waspada, khususnya yang membawa kendaraan pribadi. Pastikan kondisi prima, dan beristirahat saat lelah. Perhatikan juga prakiraan cuaca demi kelancaran saat perjalanan," imbau-nya.

Dia lantas berkata, "Semoga semua tiba di tujuan dalam kondisi aman, dan selamat kembali beraktivitas untuk seluruh masyarakat".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement