Senin 08 Apr 2024 07:40 WIB

Pihak Harvey Moeis dan Sandra Dewi Bantah Sitaan Rp 76 Miliar dan 1 Kg Emas

Kejagung tak menyebutkan penyitaan Rp 76 M dan emas 1 kg dari Sandra Dewi.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Artis Sandra Dewi berjalan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaanbterhadap Sandra Dewi untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam perkara yang menyeret suaminya Harvey Moeis terkait dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022 dengan nilai kerugiaan ekologis mencapai Rp271 triliun.
Foto:

Andi mengatakan, atas nama Harvey, dan Sandra Dewi, kliennya itu bakal mematuhi seluruh proses hukum perkara korupsi yang saat ini dalam penanganan di Kejagung. “Klien kami percaya, pihak Kejaksaan Agung Republik Indonesia, akan melakukan seluruh rangkain serta proses penyidikan secara transparan, dan akuntabel, serta profesional untuk terciptanya kepastian hukum dan penegakan hukum yang berkeadilan,” ujar Andi.

Harvey Moeis saat ini berstatus tersangka dalam penyidikan korupsi penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk di Provinsi Bangka Belitung. Sejak Rabu (27/3/2024), tim penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) menjebloskannya ke sel tahanan untuk proses hukum.

Pada Senin (1/4/2024), tim penyidik Jampidsus melakukan penggeledahan di kediaman tinggal Harvey dan Sandra Dewi yang berada di Apartemen the Pakubuwono, di kawasan Kebayoran Baru, Jaksel. Dari penggeledahan tersebut, pada Senin (1/4/2024) malam, Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi memastikan melakukan penyitaan terhadap dua unit mobil.

Yaitu jenis Rolls Royce Ghost Extended Wheelbase dan MINI Cooper S Countryman F60. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana, pada Selasa (2/4/2024) mengaku tim penyidik kejaksaan juga sedang memverifikasi keaslian sejumlah barang-barang koleksi dari penggeledahan di apartemen tersebut untuk dilakukan sita.

Penyidik Jampidsus pada Kamis (4/4/2024), pun memeriksa Sandra Dewi sebagai saksi. Kuntadi melanjutkan, pemeriksaan Sandra Dewi ketika itu untuk meminta keterangan terkait sejumlah rekening Harvey yang sudah diblokir sejak dijadikan tersangka.

“Urgensi pemeriksaan terhadap saksi SD (Sandra Dewi) dalam rangka untuk meneliti beberapa rekening yang sebelumnya kita (penyidik) lakukan pemblokiran karena terkait dengan tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka HM (Harvey),” kata Kuntadi, Kamis (4/4/2024).

Penyitaan emas 1 kg...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement