Kamis 14 Mar 2024 23:39 WIB

Aksi Pasukan Sapu Bersih Bantu Wujudkan Kota Bogor yang Bersih

Penting untuk mempertahankan prestasi Piala Adipura dari KLHK

Sekitar 20 anggota Pasukan Sapu Bersih Kang Sendi dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah di pinggiran sungai Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Sekitar 20 anggota Pasukan Sapu Bersih Kang Sendi dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah di pinggiran sungai Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekitar 20 anggota Pasukan Sapu Bersih Kang Sendi dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah di pinggiran sungai Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat. Gerakan itu tidak hanya sekadar untuk kebersihan saja, tetapi juga untuk membantu mewujudkan Kota Bogor yang lebih bersih lagi.

“Tentunya tujuan dari gerakan ini adalah sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Kota Bogor dan membangun serta mewujudkan Bogor bersih, indah dan nyaman,” kata Ketua Umum Kawani Bogor Sendi Fardiansyah lewat siaran pers, Kamis (14/3/2024).

Sendi mengatakan, beberapa waktu lalu Kota Bogor berhasil meraih piala Adipura untuk kedua kalinya dari Kementerian Linkgungah Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebab itu, menurut dia, penting untuk mempertahankan prestasi tersebut dengan bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat.

“Mudah-mudahan bisa ditingkatkan menjadi Adipura Kencana. Namun, perlu diketahui bahwa di beberapa wilayah masih banyak tumpukan sampah bahkan fasilitas yang belum memadai. Peran kita sebagai warga Kota Bogor adalah bergerak bersama masyarakat, komunitas bahkan pemerintah untuk membersihkan wilayah-wilayah tersebut,” jelas dia.

Sendi berharap gerakan ini bisa terus dilaksanakan dan menyebar di berbagai wilayah Kota Bogor. Sebagai bentuk apresiasi, Sendi juga telah menyumbangkan gerobak sampah supaya dapat membantu warga setempat untuk lebih mudah mengangkut sampah. Pasukan Sapu Bersih dan warga setempat juga mengucapkan terima kasih karena telah membantu kampung ini menjadi lebih bersih lagi.

“Kami sangat senang dan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari Pasukan Sapu Bersih. Hari ini kami telah membersihkan pinggir sungai Kampung Ciheuleut dan menghasilkan sampah yang cukup banyak. Alhamdulillah akhirnya tempatnya bisa lebih bersih dan nyaman,” kata dia.

Berdasarkan hasil laporan reduksi sampah yang masuk ke TPS 3R Rangga Mekar per 10 Maret 2024 menunjukkan beberapa jenis sampah dengan jumlah yang berbeda. Aksi Pasukan Sapu Bersih ini telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 965 kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement