Jumat 02 Feb 2024 09:59 WIB

Mahfud MD Mundur, Jokowi Tegaskan Kabinet Solid: Nggak Ada Masalah

Menurut Jokowi, kabinet tidak ada masalah, yang kerja ya kerja.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2024).
Foto: Republika/Edwin Putranto
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kabinet Indonesia Maju yang dipimpinnya saat ini masih baik-baik saja meskipun  Mahfud MD telah menyatakan mengundurkan diri sebagai menko polhukam. Menurut Jokowi, tidak ada masalah di dalam kabinetnya saat ini.

Dia menyebut, para menterinya pun masih tetap bekerja seperti biasa. "Wong kabinet biasa-biasa saja. Biasa-biasa saja, nggak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah, kunjungan ke daerah," ujar Jokowi usai menghadiri Kongres Nasional XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

 

Begitu juga dengan dirinya. Jokowi mengaku, masih bekerja seperti biasa, baik menghadiri berbagai rapat di Jakarta maupun di daerah, termasuk menghadiri acara undangan.

 

"Saya pun sama, saya rapat di Jakarta dan juga di daerah, ada undangan seperti pagi hari ini kongres ke-16 GP Anshor," kata eks gubernur DKI Jakarta itu.

 

Menanggapi isu adanya ketidaknyamanan di kabinetnya di tahun politik ini, Jokowi menegaskan, perbedaan politik merupakan bentuk dari demokrasi. Karena itu, menurut dia, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan.

 

"(Kabinet) biasa saja, bahwa ada perbedaan pilihan itu demokrasi, tidak perlu dibesar-besarkan," kata Jokowi.

 

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD memastikan, semua menteri di Kabinet Indonesia Maju masih tetap solid meskipun dirinya mengundurkan diri dari jabatannya. Menurut dia, pemerintah mampu mengelola soliditas kabinet di tengah banyaknya isu yang menyebutkan bahwa para menteri akan mengundurkan diri.

 

"(Kabinet solid) Ya tentu lah, itu kan pemerintah pasti bisa menghandle itu, soliditas kabinet," kata Mahfud usai menemui Presiden Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2024).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement