Sabtu 09 Dec 2023 12:55 WIB

Malam Ini, Anugerah Festival Bulanan Digelar di JIExpo Kemayoran

Jaringan film komunitas di daerah gelar anugerah festival film bulanan

Rep: rilis/ Red: Muhammad Subarkah
Masyarakat menyaksikan pemutaran film bioskop keliling.
Foto: dok. Humas UMY
Masyarakat menyaksikan pemutaran film bioskop keliling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum punya acara pada malam Minggu ini? Kalau tidak silakan datang ke acara anugerah Festival Film Bulanan (Fesbul)  di Grand Ballroom JIExpo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta.

Melalui acara yang didukung yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan diumumkan hasil seleksi 10 film dari 10 lokasi yang terfokus dari Sabang sampai Merauke.

“Festival ini diikuti berbagai jaring komunitas, Workshop Menuju Film Komersil, Sinema Keliling, serta kolaborasi pemutaran film di dalam dan luar negeri hingga gelaran Road to Awarding Night di 10 titik Bioskop XXI di Indonesia. Mereka berasal dari  Jayapura, Yogyakarta, Jambi, Lombok, Makassar, Padang, Pontianak, Ambon, Jakarta, dan Bandung,’’ kata Abdul Manaf, pendiri Fesbul,.

Menurutnya, sepanjang tahun 2023, sebanyak hampir 800 film pendek mendaftar untuk ikut Fesbul. Hasilnya lebih dari 600 film lolos kurasi. “Pada acara akan diketahui mana saja film yang akan menjadi nomine dari berbagai kategori, ide terbaik, ,visual terbaik, audio terbaik, dokumenter terbaik, fiksi terbaik.

 “Fesbul adalah ruang belajar dan bertumbuh yang jelas memiliki banyak kekurangan dan  membutuhkan keikutsertaan berbagai pihak. Maka kolaborasi, gotong royong menjadi penting untuk menghasilkan karya film agar bisa lebih kreatif dan baik,” tutur Abdul.

Adapun gelaran iji adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap sineas di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2023.

“Ini upaya untuk mengapresiasi dan mempromosikan karya film lokal yang memiliki keunikan, autentisitas, karakter, dan ciri khas kuat. Tujuannya untuk menghidupkan ekosistem perfilman di daerah dengan melibatkan subsektor ekonomi kreatif lainnya,’’ kata Abdul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement