Ahad 25 Jun 2023 14:00 WIB

Praktisi Film Sebut Sineas Asal Lampung dan Jambi Bermunculan, Ini PR Besarnya

Sineas asal Lampung dan Jambi jadi pemenang Festival Film Bulanan Lokus 5

Ilustrasi film. Sineas asal Lampung dan Jambi jadi pemenang Festival Film Bulanan Lokus 5
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi film. Sineas asal Lampung dan Jambi jadi pemenang Festival Film Bulanan Lokus 5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film fiksi Ephemera karya sutradara Virya Hendriyah asal Lampung dan film dokumenter ‘Mendayung Harapan’ karya Sutradara Yusril Mahendra asal Jambi resmi diumumkan sebagai Film Terpilih Festival Film Bulanan Lokus 5.

Alasan film Ephemera dan film Mendayung Harapan ditetapkan sebagai Film Terpilih karena para kurator sepakat bahwa dua film inilah yang paling menonjol di antara film-film lainnya.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan oleh kurator Festival Film Bulanan, sekaligus sutradara dan penulis skenario, Rahabi Mandra. 

“Pada lokus ini, kami menemukan kumpulan film-film yang levelnya berada di bawah standar yang seharusnya dan film Ephemera ini buat saya tampil menjulang sendirian, karena menggunakan sinematografi yang cukup baik. Secara visual ditampilkan dengan baik, sesuai dengan kaidahnya”, ujar Abi. 

Sementara untuk film Mendayung Harapan, Abi berpendapat sinematografi itu pada dasarnya adalah audio dan visual, film dokumenter ini sinematografinya dikerjakan dengan baik. 

“Kalau melihat lima shot pertama saja, cukup menarik. Melihat sinematografinya dikerjakan dengan baik, bahwa benar mereka mengejar sebuah profil yang inspiratif. Dokumenternya film Mendayung Harapan itu berada pada batas aman,” kata Abi. 

Sependapat dengan Abi, kurator Festival Film Bulanan yang juga berprofesi sebagai dosen film dan televisi Institut Kesenian Jakarta serta Resensator Film, Mohamad Ariansah, menyampaikan, film-film yang berasal dari Lokus 5 ini hampir 85 persen merupakan film verbal. 

“Film-film di lokus 5 ini hampir 85 persen, rata-rata adalah film verbal. Peserta merasa punya kemampuan story telling, cuma menyampaikan story telling lewat kata dan gambar itulah yang masih menjadi PR besar,” ujar Ale.

Dia menambahkan, “Menyampaikan pesan melalui visual nyaris tidak berperan. Semua bertuturnya diandalkan melalui dialog atau verbal. Dialognya pun informatif. Oleh karena itu, film Ephemera yang minim dialog dan menyampaikan pesan melalui akting aktornya menjadi menonjol dibandingkan yang lain. 

"Kemudian film Mendayung Harapan secara teknis lebih proper dibandingkan yang lain. Ada usaha untuk menyampaikan lewat visual”, ujar Ale.

Walaupun secara kualitas mengalami penurunan dibandingkan lokus-lokus sebelumnya, Ale merasa kalau di Jambi dan Lampung ini sudah mulai banyak film maker-nya, tapi memang perlu ditingkatkan lagi tentang pengetahuan dan literasi soal bagaimana membuat film yang bisa menyampaikan pesan melalui sinematografi bahasa visual.

“Film-film di lokus 5 ini jago dalam memberikan inspirasi supaya orang tidak patah semangat dan percaya diri, namun perlu diberikan pengetahuan tentang medium film sebagai media menyampaikan pesan dari bahasa visual,” ujar Ale.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Pertumbuhan filmmaker di daerah disambut optimis oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno. Dia mengapresiasi dan memberikan ucapan selamat atas terpilihnya film Ephemera' dan film ‘Mendayung Harapan.

“Selamat kepada tim produksi film ‘Ephemera dan ‘Mendayung Harapan’, kami optimis dengan sumber daya manusia yang semakin berkembang, kita bisa mengejar ketertinggalan di subsektor film. Terus berinovasi dan berkolaborasi agar bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja melalui sektor ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno, Jumat (23/6/2023) dalam keterangannya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan apresiasi kepada kedua Film Terpilih Festival Film Bulanan yaitu dengan pemberian sertifikat, suvenir, kesempatan mengikuti workshop perfilman, dan menjadi nominasi di Malam Anugerah Festival Film Bulanan yang diselenggarakan pada bulan Desember.

Selain itu, sebagai bagian dari eksibisi, akan ada penayangan poster digital di sejumlah area gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan penayangan film di acara ‘Sinema Keliling’, bioskop maupun media Over The Top (OTT).

Sandiaga Uno pun mengingatkan para sineas yang ada di wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan untuk mempersiapkan diri karena pendaftaran Lokus 6 akan dibuka pada tanggal 2 Juli mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi akun Instagram @festivalfilmbulanan dan portal festivalfilmbulanan.com. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement