Selasa 05 Dec 2023 22:16 WIB

Literasi Meningkat, Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik

Peningkatan peringkat PISA ini menjadi pencapaian tertinggi bagi Indonesia.

Anak SD (ilustrasi). Peringkat hasil belajar literasi Indonesia pada Program for International Student Assessment (PISA) 2022 naik lima sampai enam posisi dibandingkan 2018.
Foto:

Penyederhanaan materi itu menjadi prinsip utama dalam merancang Kurikulum Merdeka, yakni mengurangi materi wajib di berbagai mata pelajaran agar guru mempunyai waktu lebih untuk menggunakan pembelajaran yang mendalam, interaktif, dan berbasis projek. Kurikulum Merdeka mendukung guru melakukan asesmen diagnostik dan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan tiap murid.

"Buku-buku teks Kurikulum Merdeka juga memuat lebih banyak aktivitas yang dirancang mengasah daya nalar, sehingga pembelajaran tidak lagi berorientasi pada penyampaian materi tapi mengasah kompetensi dan karakter murid," katanya.

Indonesia mengikuti PISA sejak pertama kali diselenggarakan pada 2000, sehingga memberi kesempatan untuk memantau kualitas pendidikannya dari waktu ke waktu dan membandingkannya dengan negara lain. PISA diselenggarakan setiap tiga tahun oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) untuk mengukur literasi membaca, matematika, dan sains pada murid berusia 15 tahun.

Pada 2022, PISA diikuti oleh 81 negara. Peserta terdiri atas 37 negara OECD dan 44 negara mitra.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement