Senin 04 Dec 2023 14:16 WIB

Kemenkominfo Labeli Hoaks Le Minerale Produk Terafiliasi Israel

Manajemen membantah keras ujaran serampangan yang sengaja disebarkan dua akun di X.

Unggahan di laman resmi cek fakta terkait hoaks Le Minerale terafiliasi Israel.
Foto: Republika.co.id
Unggahan di laman resmi cek fakta terkait hoaks Le Minerale terafiliasi Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) melalui laman resminya tegas menyatakan adanya informasi bohong (hoaks) yang ditujukan untuk melabeli produk air minum dalam kemasan (AMDK) merek 'Le Minerale'. Padahal, produk tersebut milik perusahaan nasional.

Kabar itu sengaja diembuskan dua influencer media sosial dengan menuding Le Minerale sebagai produk merek asing dan terkait Israel. Hoaks tersebut sebelumnya sengaja disebarkan di akun X oleh Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi/@HusinShihab dan akun milik Jhon Sitorus/@Miduk17.

Beberapa media kemudian mengutipnya tanpa verifikasi. Faktanya, AMDK tersebut adalah 100 persen produk dalam negeri yang kantor pusatnya pun di Indonesia, bukan di luar negeri, apalagi di Israel.

"PT Tirta Fresindo Jaya selaku produsen air kemasan 'Le Minerale' membantah isu yang beredar di media sosial tersebut," demikian bantahan di laman resmi Kominfo yang khusus mewartakan hoaks yang menyasar perusahaan swasta: https://cekhoaks.aduankonten.id/view/11227.

 

Manajemen PT Tirta Fresindo Jaya juga membantah keras ujaran serampangan yang sengaja disebarkan oleh dua akun tersebut. Marketing Director PT Tirta Fresindo Jaya, Febri Satria Hutama menegaskan, produk perusahaannya menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

"Karena kami telah berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara dan seluruh keuntungan dari bisnis perusahaan kami kembali ke Indonesia," kata Febri dalam siaran pers di Jakarta, Senin (4/11/2023).

Bahkan, kata Febri menambahkan, kantor perwakilan dagang perusahaan di luar negeri, jabatan manajerial ke atas dan posisi strategis malah diisi kalangan profesional berkewarganegaraan Indonesia. Menurut dia, akibat perkembangan situasi politik internasional perang Israel terhadap Palestina, telah berkembang berbagai informasi yang menyesatkan di masyarakat,.

"Khususnya mengenai produk-produk  yang dianggap berkaitan dengan negara Israel. Produk AMDK juga terkena dampak serangan hoaks, dituding sebagai produk asing yang terafiliasi dengan Israel," kata Febri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement