Senin 04 Dec 2023 14:10 WIB

Panglima TNI Bakal Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Nama Doni Monardo juga akan diabadikan di Markas Besar TNI AD.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Suasana Prosesi Pemakaman Mantan Kepala BNPB Letjen TNI Purn Doni Monardo di TMP Kalibata, Jakarta, Senin (4/12/2023)
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Prosesi Pemakaman Mantan Kepala BNPB Letjen TNI Purn Doni Monardo di TMP Kalibata, Jakarta, Senin (4/12/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto mengaku tidak menutup kemungkinan akan mengusulkan mantan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI (purn) Doni Monardo sebagai pahlawan nasional. Agus menilai almarhum Doni sebagai sosok prajurit panutan.

Ia juga menegaskan, Doni memiliki dedikasi yang tinggi selama kariernya. "Nanti ada aturannya nanti pasti, di bidang personel nanti kita akan mengusulkan," ujar Agus saat ditemui di Taman Makan Pahlawan (TMP), Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Baca Juga

Selain itu, kata Agus, juga tidak menutup kemungkinan nama Doni akan diabadikan di Markas Besar TNI AD. Nama yang diabdikan itu dengan melihat dedikasi prajurit selama berkarier di bidang militer untuk nusa dan bangsa. Hal itu juga pernah dilakukan terhadap prajurit TNI yang memiliki sepak terjang dan dedikasi tinggi selama berkarier.

"Beberapa gedung di Kopassus dari pahlawan yang pernah berjuang nusa dan bangsa. Kemarin terakhir ada yang digunakan, yaitu Putu Dani sudah ditulis di lapangan tembak karena almarhum senang menembak," tutur Agus.

 

Panglima TNI melanjutkan, pertemuan terakhir dengan almarhum pada saat menyiapkan tanaman untuk di Ibu Kota Negara (IKN) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa bulan lalu. Saat itu, mereka bersama-sama melakukan penyemaian pohon di Cibubur, Jakarta Timur.

Sosok prajurit panutan...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement