Kamis 23 Nov 2023 15:30 WIB

Survei: Sebagian Pendukung Basis Lama Prabowo Pindah ke Anies Setelah Gibran Cawapres

Polling Institute menyebut elektabilitas Prabowo unggul, Anies Naik, Ganjar turun.

Menteri Pertahanan yang juga calon presiden Prabowo Subianto (tengah) didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Dedi Mulyadi (kedua kanan) saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat di Gor C-TRA Arena, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/11/2023). Dalam acara tersebut Prabowo Subianto menyampaikan upaya membangun pertahanan Indonesia yang dimulai dari kekuatan rakyat dan desa sebagai sumber pangan.
Foto:

Politisi Gerindra, Andre Rosiade, mengaku bersyukur elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran selalu unggul di lembaga-lembaga survei. Ia berpendapat, elektabilitas itu menandakan keputusan Prabowo memilih Gibran sebagai cawapres tepat.

"Pilihan Pak Prabowo menjadikan Mas Gibran menjadi cawapres berarti pilihan yang sangat tepat," kata Andre, Kamis.

Andre menilai, masuknya Gibran Rakabuming Raka menyebabkan pemilih pemula atau milenial mayoritas memilih Prabowo Subianto. Andre mengaku semakin semangat bekerja lebih keras lagi untuk bisa memenangkan Prabowo-Gibran.

Andre menyebut, keputusan Prabowo memilih Gibran dalam rangka memberi kesempatan kepada anak muda tampil. Ia merasa, keputusan itu berkorelasi lurus dengan anak-anak muda di Indonesia yang memilih Prabowo-Gibran.

Selain itu, Andre turut menyoroti pilihan Prabowo memilih Gibran sebagai cawapresnya yang turut memberi dampak positif di Jawa Tengah. Pasalnya, data-data survei menunjukkan kalau Prabowo kini unggul di Jawa Tengah.

"Berarti, pilihannya tepat," ujar Andre.

Dari sana, Andre melihat, potensi Pilpres 2024 berlangsung dalam satu putaran tetap ada. Apalagi, ia menekankan, mesin-mesin politik dari Partai Gerindra terus keliling dari rumah ke rumah seluruh Indonesia.

Kemudian, ia mengingatkan, pemilih Jokowi pada 2019 antara memberikan suara ke Prabowo dan Ganjar sudah berimbang. Hal ini akan ditambahkan pemilih Prabowo pada 2019 yang loyal akan memilih Prabowo lagi di 2024.

Andre melihat, perpindahan pemilih Jokowi yang dulu memilih Ganjar ke Prabowo berlangsung cukup cepat. Menurut Andre, itu menunjukkan kalau serangan-serangan dari kubu sebelah ke Prabowo malah berdampak positif.

"Ternyata malah menyebabkan pemilih Pak Jokowi yang banyak di kubu sebelah dulu berpindah secara cepat memilih Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Andre. 

photo
Komik Si Calus : Dinasti - (Daan Yahya/Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement