Kamis 23 Nov 2023 15:30 WIB

Survei: Sebagian Pendukung Basis Lama Prabowo Pindah ke Anies Setelah Gibran Cawapres

Polling Institute menyebut elektabilitas Prabowo unggul, Anies Naik, Ganjar turun.

Menteri Pertahanan yang juga calon presiden Prabowo Subianto (tengah) didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Dedi Mulyadi (kedua kanan) saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat di Gor C-TRA Arena, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/11/2023). Dalam acara tersebut Prabowo Subianto menyampaikan upaya membangun pertahanan Indonesia yang dimulai dari kekuatan rakyat dan desa sebagai sumber pangan.
Foto:

Politisi PKB, Maman Imanulhaq, mengapresiasi temuan migrasi sebagian pendukung Prabowo ke Anies. Menurutnya, kondisi itu membuat mereka semakin yakin pasangan AMIN kini banyak ditempatkan di posisi kedua mampu mengejar ketertinggalan.

"Mulai mencerminkan ada pergerakan signifikan untuk kemenangan AMIN," kata Maman, Kamis.

Apalagi, Maman melihat, Provinsi Jawa Barat selama ini memang menjadi semacam battle ground yang sangat penting dimenangkan. Kini, Maman mengungkapkan, AMIN sangat masif bergerak lewat relawan-relawan dan kekuatan santri-santri.

"Seperti tadi Polling Institute menyebutkan, lumayan ada migrasi dari Prabowo ke Anies-Muhaimin," ujar Maman.

Maman menuturkan, kondisi itu menjadi semacam kekuatan bagi mereka dapat mengejar ketertinggalan. Sehingga, jika hari ini posisi AMIN sudah ada di posisi kedua, ke depan mereka meyakini mampu menempati posisi satu.

"Ke depan kita insya Allah kita nomor satu," kata Maman.

Meski begitu, ia berpendapat, cukup sulit untuk Pilpres 2024 berlangsung satu putaran. Walaupun membenarkan kemungkinan itu ada, Maman melihat, cukup sulit untuk pasangan capres-cawapres mendapat 50 persen lebih.

Apalagi, hari ini mesin-mesin politik partai politik sudah bergerak lebih masif dari sebelumnya. Namun, Maman memiliki keyakinan sangat besar kepada pemilih-pemilih PKB, PKS dan Nasdem yang sangat militan.

"Kita tahu militansi PKB, PKS, Nasdem," ujar Maman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement