Rabu 22 Nov 2023 04:30 WIB

Tanggapan Anies Soal Tingkat Elektabilitas Naik dan Disebut Salip Ganjar-Mahfud

Anies menilai masyarakat mulai sadar akan isu perubahan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan usai mengumumkan susunan lengkap Timnas AMIN di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).
Foto: Republika/ Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan usai mengumumkan susunan lengkap Timnas AMIN di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menanggapi ihwal hasil survei yang menunjukkan elektabilitas dirinya bersama Muhaimin Iskandar 'AMIN' meningkat, bahkan disebut-sebut telah menyalib paslon lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Anies menilai bahwa masyarakat semakin menyadari perlunya perubahan. Dia pun menekankan janji akan melakukan perubahan. 

 "Kami meyakini bahwa makin hari makin banyak masyarakat yang menyadari bahwa kita ini memerlukan perubahan," kata Anies usai mengumumkan susunan lengkap Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). 

 

Capres dari Koalisi Perubahan itu menyebut bahwa masyarakat membutuhkan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama ekonomi. Dia mencontohkan kalangan yang butuh perubahan adalah ibu rumah tangga yang secara langsung merasakan kesulitan ekonomi dan atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 

 

"Tanyakan pada ibu-ibu rumah tangga di seluruh Indonesia. Apakah kebutuhan pokok kehidupan rumah tangga, kondisi perekonomian rumah tangga itu kondisinya ringan atau berat. Kalau kondisinya berat, mau diteruskan, kalau tidak mau diteruskan maka kita perlu perubahan. Jadi kami mengusung tema perubahan ini sudah lama," ujarnya. 

 

Anies menyampaikan kilas balik ketika pertama kali dideklarasikan oleh Partai Nasdem menjadi capres pada akhir 2022 lalu dengan 'menjual' konsep perubahan kepada masyarakat. Dengan perkembangan survei yang dinamis hingga saat ini yang menempatkan posisi AMIN terus naik, hal itu dinilai menunjukkan kebutuhan akan perubahan bagi masyarakat. 

 

"Ketika tahun lalu kita berbicara perubahan, banyak yang tanya apa yang mau diubah sekarang, kita lihat bagaimana lapangan pekerjaan, bagaimana kebutuhan pokok, bagaimana biaya pendidikan, bagaimana biaya kesehatan, mungkin kami tidak bisa menyelesaikan semua masalah dalam waktu 5 tahun, tapi satu hal yang kami janjikan, kami menjanjikan perubahan, kami akan melakukan perubahan dan itulah yang kita akan terus-menerus diikhtiarkan," jelasnya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement