Selasa 21 Nov 2023 18:38 WIB

Jenderal Agus Bicara Calon KSAD dan Gunakan Soft Power Bebaskan Pilot Susi Air

Menurut Jenderal Agus, kandidat KSAD yang menggantikannya pati bintang.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat Rapat Paripurna Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023). DPR menyepakati penetapan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.
Foto:

Panglima TNI terpilih Jenderal Agus Subiyanto enggan mengungkap daftar kandidat KSAD yang akan menggantikannya. Dia hanya melempar sedikit petunjuk, sosok yang akan menggantikannya adalah perwira tinggi berbintang tiga.

"Bintang tiga, eligible, bintang tiga yang menduduki jabatan strategis," kata Agus singkat di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan, setidaknya ada tiga nama potensial untuk mengisi posisi KSAD. Pertama adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak. "Ada beberapa nama, Pak Maruli salah satu yang kuat," ujar Meutya di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen.

Selanjutnya Koordinator Staf Ahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto. Untuk nama Maruli, ia sudah dipanggil ke Istana bertemu Mensesneg Pratikno.

Adapun Letjen Cantiasa sudah dipromosikan sebagai Wakil Kepala BIN. Sedangkan Letjen Suharyanto adalah eks Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement